oleh

Fosil Gajah Purba Berusia 700 Ribu Tahun Ditemukan di Nagekeo-Flores

MBAY, TIMORline.com-Fosil gajah purba berusia kira-kira 700 ribu tahun ditemukan di Malahuma Desa Nagerawe Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Fosil berusia 700 ribu tahun tersebut ditemukan oleh tim peneliti dari Museum Geologi Bandung, Jawa Barat, bersama dengan para peneliti lokal.

Fosil gajah purba ini menjadi bukti awal untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai asal-usul nenek moyang orang Flores yang kira-kira hidup pada 700 ribu sampai 1 juta tahun yang lalu.

Fosil gajah purba ini ditemukan di padang Malahuma yang berdekatan dengan Sungai Lowolele, Nagerawe.

Penggalian fosil gajah purba ini merupakan kerja sama dengan Universitas Wollonggong di Sydney, Australia, sebagaimana dicitat dari enbeindonesia.com. Penggalian dilakukan menggunakan pahat besi dan seperangkat alat galian secara hati-hati pada setiap lapisan tanah.

Para arkeolog menemukan fosil gajah purba hanya sekira 10 sentimeter dari permukaan tanah. Fosil yang ditemukan berupa tulang punggung, tulang rusuk dan beberapa tulang lainnya.

“Lapisan ini ekuivalen dengan yang ada di Matamini. Matamini itu punya range antara 880 ribu hingga kurang dari 600 ribu. Karena di situ ada beberapa lapisan mengandung beberapa fosil, jadi tidak satu lapisan. Tapi posisi berulang-berulang terus,” kata Erik Setyabudi, peneliti Museum Geologi Bandung dikutip dari Metro TV, Rabu (20/10/2021).

Erik mengatakan, saat ini para peneliti belum menentukan nama-nama fosil gajah purba yang ditemukan. Namun pihaknya masih melakukan penggalian dan kajian untuk melihat keterkaitan dengan asal-usul nenek moyang orang Flores bagian tengah.

Editor: Cyriakus Kiik
Sumber: enbeindonesia.com

Baca Juga:  Gubernur VBL Bangun Cara Berpikir Kolaboratif di NTT

Komentar