oleh

Bupati Malaka Diterima secara Adat di Desa Bani-Bani

TUNUAHU, TIMORline.com-Bupati Malaka Dr Simon Nahak, SH, MH diterima secara adat di Tunuahu Desa Bani-Bani Kecamatan Io Kufeu Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kedatangan Bupati Simon di desa ini untuk melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas Bani-Bani, Jumat (16/07/2021).

Ibu-ibu Desa Bani-Bani Kecamatan Io Kufeu menari likurai menerima Bupati Malaka Dr Simon Nahak, SH, MH, Jumat (16/07/2021). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Bupati Simon bersama rombongan tiba di Tunuahu, ibukota Desa Bani-Bani, sekira pukul 10.15 Wita. Kedatangan Bupati Simon dan rombongan ini diterima sejumlah ibu-ibu menggunakan tarian likurai, tarian khas Pulau Timor.

Saat jedah sebentar, Bupati dan rombongan mendapat sapaan adat dari sejumlah tetua adat yang biasa dikenal dengan hase hawaka di bawah tuntutan Emanuel Bria.

Bupati Malaka Dr Simon Nahak, SH, MH mendapat pengalungan sarung adat dari.masyarakat Desa Bani-Bani Kecamatan Io Kufeu, Jumat (16/07/2021). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Sapaan adat ini dirangkaikan dengan pengalungan sarung adat kepada Bupati Simon dan selendang kepada pejabat lainnya.

Dilanjutkan, tarian likurai untuk mengantar Bupati Simon dan rombongan ke tenda darurat yang sudah disiapkan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Untuk peletakkan batu pertama pembangunan Puskesmas Bani-Bani, Bupati Simon didaulat untuk menyaksikan langsung ritual adat berupa pembunuhan seorang babi putih didahului tutur adat di bawah tuntunan Emanuel Bria didampingi Hendrikus Asa bersama tetua adat lainnya.

Bupati Malaka Dr Simon Nahak, SH, MH menyaksikan ritual adat pembangunan Puskesmas Bani-Bani Desa Bani-Bani Kecamatan Io Kufeu, Jumat (16/07/2021). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Tutur adat yang lebih berisi doa adat dalam Bahasa Dawan ini dimaksudkan sebagai doa permohonan kepada Tuhan dan para leluhur untuk memperlancar pengerjaan pembangunan Puskesmas Bani-Bani.

Campur tangan Tuhan dan para leluhur dalam doa adat ini pun dimohonkan terjadi atas pembangunan fondasi dan seluruh bangunan. Sehingga, bangunannya kokoh dan bermanfaat bagi banyak orang untuk selamanya.

Selanjutnya, Bupati Simon dan pejabat yang hadir dituntun untuk melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas Bani-Bani dengan menaruh campuran ukuran satu skop pada salah satu tiang yang sudah disiapkan.

Baca Juga:  Bupati Malaka Perintahkan Aktivitas di Malaka Dibatasi
Bupati Malaka Dr Simon Nahak, SH, MH melakukan peletakan batu pertama pembangunan Puskesmas Bani-Bani Desa Bani-Bani Kecamatan Io Kufeu, Jumat (16/07/2021). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Bupati Simon berharap kehadiran Puskesmas Bani-Bani di tengah-tengah masyarakat setempat dapat dimanfaatkan secara baik bagi banyak orang.

Kepada para dokter, bidan dan perawat yang ada saat ini diminta untuk selalu senyum saat melayani pasien yang datang berobat.

“Senyum manis dokter, bidan dan perawat bisa saja menjadi obat yang mujarab bagi pasien yang datang. Sehingga, bisa saja sebelum berobat, pasien bersangkutan sudah sembuh karena senyuman yang manis”, tandas Bupati Simon disambut tawa dan tepuk tangan hadirin.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Malaka drg. Paskalia Frida Fahik menjelaskan kalau Puskesmas Bani-Bani adalah Puskesmas ke-13 di Kabupaten Malaka yang dibangun dengan proto type nasional.

Kadis Frida mengungkapkan, pembangunan Puskesmas ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah – Dana Alokasi Khusus (APBD-DAK), (bukan DAK dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/APBN seperti diberitakan sebelumnya, dengan demikian kekeliruan telah diperbaiki, red) Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp6 miliar.

Dilaporkan, saat ini tenaga kesehatan (Nakes) yang bekerja pada Puskesmas ini sebanyak 10 orang. Sedangkan wilayah pelayanannya meliputi empat desa, yakni Desa Bani-Bani, Fatoin, Ikan Tuanbeis dan Kufeu.

Dengan hadirnya Puskesmas Bani-Bani berarti saat ini di wilayah Kecamatan Io Kufeu sudah ada dua Puskesmas. Puskesmas lainnya adalah Puskesmas Tunabesi yang wilayah pelayanannya meliputi tiga desa, yakni Desa Tunabesi, Tunmat dan Biau.

Selain Bupati Simon dan Kadinkes Frida, hadir pula Wakil Kapolres Malaka Kompol I Ketut Saba, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Malaka Yohanes Nahak, Kadis Sosial Folgen Fahik dan Kasat Pol PP Daniel Bria.

Hadir pula Camat Io Kufeu Laurens Seran, para kepala desa se-Kecamatan Io Kufeu dan masyarakat setempat.

Baca Juga:  Hari Ini, Wakil Gubernur NTT Kunjungi Malaka

Dalam kegiatan ini diterapkan protokol kesehatan secara ketat.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar