oleh

Pertama Terjadi di NTT, Kapolda Serahkan Langsung Ijazah Pendidikan Pembentukan Bintara Polri

KUPANG, TIMORline.com-Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH, MHum didampingi Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda NTT Kombes Pol. Nanang Putu Wardianto, SSt, MK menyerahkan ijazah kepada 224 Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri Tahun Anggaran 2020/2021 SPN Polda NTT, Kamis (24/06/2021).

Kegiatan yang digelar di Aula SPN Polda NTT ini dihadiri sejumlah Pejabat Utama Polda NTT. Antara lain Irwasda Polda NTT, Karo SDM Polda NTT, Kabiddokes Polda NTT, Kabidpropam Polda NTT dan Kabidhumas Polda NTT. Hadir juga Rektor Universitas Kristen Artha Wacana Kupang Dr. Ayub Urbanus Imanuel Meko, MSi dan perwakilan orangtua Siswa Bintara.

Dari 224 orang, siswa sebanyak tiga siswa Diktukba Polri Tahun Anggaran 2020/2021 mendapatkan rangking terbaik Cendekia atas nama Yudi Harso, Siswa Trangginas atas nama Vergilius Mona dan Siswa Tertabah atas nama Putu Agus Adi Mahesa.

Kapolda NTT menerangkan, kegiatan ini merupakan rangkaian akhir proses pendidikan sebelum pelantikan dan pengambilan sumpah serta bergabung di institusi Kepolisian sebagai anggota Polri dengan pangkat Brigadir Dua. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali di Polda NTT.

“Hari ini kita melakukan penyerahan ijazah hasil dari mereka selama ini mengikuti pendidikan dan ini bukan merupakan akhir dari segalanya, tetapi justru merupakan awal dari mereka untuk melakukan pengabdian total terhadap masyarakat di NTT sebagai penegak hukum, pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat”, terang Kapolda Latif sebagaimana dikutip dari tribratanewsntt.com.

Kapolda Latif juga mengaku sengaja mengagendakan kegiatan seperti ini untuk mengapresiasi para Bintara, memotivasi mereka sebagai orang yang terpilih sebagai abdi Negara untuk menjadi Pelayan dan Pelindung masyarakat.

Ia berharap dengan kegiatan ini para siswa nantinya setelah menyandang status sebagai anggota Polri bisa menunjukan sikap dan perilaku yang dapat diteladani di tengah masyarakat.

Baca Juga:  Bamsoet Terima Brevet dan Wing Kehormatan Penerbang Kelas 1 TNI-AU

“Dengan kegiatan ini diharapkan akan selalu mengingatkan mereka supaya mereka tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran baik kode etik, disiplin maupun pidana. Mereka justru harus menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat”, harap Kapolda Latif.

Dikatakannya, selama mengikuti proses pendidikan pembentukan 224 siswa Bintara Polri juga mendapatkan ilmu bukan saja dari pihak Kepolisian. Ada juga dari pihak eksternal yakni dari beberapa perguruan tinggi.

“Kita bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi untuk lebih membuat mereka melengkapi dan menyempurnakan diri menjadikan anggota Polri yang humanis. Ini untuk memberikan pelayanan dan perlindungan bagi masyarakat”, demikian Kapolda Latif.

Rektor UKAW Kupang Dr. Ayub Urbanus Imanuel Meko dalam sambutannya mengungkapkan adanya tantangan tugas Polri yang semakin luas. Sehingga, para Bintara muda diharapkan menjadi polisi yang kreatif, tekun belajar dengan terus mengembangkan diri dan menghargai perjuangan selama menempuh pendidikan.

Rektor Ayub juga mengapresiasi Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif yang menginisiasi penyelenggaraan kegiatan ini sebagai sebuah nilai dan penghargaan kepada calon bintara-bintara muda.

Yudi Harso, siswa dengan nilai akademik terbaik (Cendekia) merasa bangga dan berterimakasih kepada Kapolda NTT yang telah menyerahkan langsung Ijazahnya yang baru terjadi untuk pertama kalinya di NTT.

“Saya merasa bangga atas apa yang saya capai dan berterimakasih kepada bapak Kapolda NTT yang sudah secara langsung menyerahkan ijazah kepada saya”, kata Yudi.

Orangtua Yudi Harso juga turut berbahagia atas pencapaian anaknya, bangga mendapatkan kehormatan hadir melihat langsung putra bungsunya menerima ijazah yang diserahkan Kapolda NTT.

Editor: Cyriakus Kiik
Sumber: tribratanewsntt.com

 

Komentar