oleh

Nama Presiden Jokowi dan Bupati Simon Nahak Disebutkan dalam Puisi ‘Tanah Airku’ Anak PAUD HTM Betun

BETUN, TIMORline.com-Nama Presiden Indonesia Joko Widodo dan Bupati Malaka Simon Nahak disebut-sebut dalam puisi akhir tahun pelajaran 2020/2021 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hati Tersuci Maria (HTM) Betun, ibukota Kabupaten Malaka, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Puisi berjudul Tanah Airku itu dibawakan 17 anak PAUD HTM saat Penerimaan Sertifikat dan Rapor Smester 2 TA 2020/2021 di Halaman Sekolah tersebut, Sabtu (19/06/2021).

Penerimaan Sertifikat dan Rapor itu dilakukan setelah 17 anak tersebut selesai menjalani pendidikan tahun pelajaran 2020/2021. Ke-17 anak itu terdiri dari 10 perempuan dan tujuh laki-laki.

Anak-anak PAUD HTM Betun bersama para guru bernyanyi menyemarakkan acara Penerimaan Sertifikat dan Rapor Semester 2 TA 2020/2021, Sabtu (19/06/2021). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Acara ini diawali dengan doa bersama yang dibawakan salah satu guru. Selanjutnya, anak-anak dipandu Yosefina Nuri, salah satu pengasuh untuk membawakan lagu dan puisi: Tanah Airku.

Puisi ini berisi nama-nama para pemimpin bangsa Indonesia saat ini mulai dari pusat sampai daerah. Disebutkan, Tanah Airku adalah Indonesia, nama Presiden Indonesia adalah Joko Widodo, nama Gubernur NTT adalah Viktor Bungtilu Laiskodat, nama Bupati Malaka adalah Simon Nahak, nama Wakil Bupati Malaka adalah Kim Taolin.

Mereka juga dituntun menyanyikan lagu-lagu nasional disertai gerak tubuh. Antara lain lagu Garuda Pancasila. Bahkan, lagu ini disampaikan secara instrumental menggunakan alat musik angklung sambil bergoyang ria.

Anak-anak juga dipandu menyebutkan nama-nama binatang dan warna dalam Bahasa Inggris. Mereka juga mengucapkan Salam Corona dan menyebut Protokol Kesehatan Covid-19.

Kepala PAUD HTM Sr Ernesta, SSpS dalam sambutannya menjelaskan, selama TA 2020/2021 anak-anak lebih banyak mendapat pendampingan dari orangtua. Sebab, akibat pandemi Covid-19, tatap muka kurang dan libur lebih banyak.

Ke depan, Sr Ernesta tetap mengharapkan dukungan berupa pendampingan orangtua di rumah. Sebab, sampai kapan pandemi ini berakhir, belum diketahui pasti.

Baca Juga:  Wabup Malaka Minta Perketat Pos Penjagaan dan Periksa Pelaku Perjalanan
Anak-anak PAUD HTM Betun pose bersama para guru sambil menunjukkan Sertifikat yang baru saja diterima, Sabtu (19/06/2021). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Selama pandemi Covid-19, kata Sr Ernesta, tatap muka berlangsung selama satu sampai dengan satu setengah jam. Sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya, tatap muka berlangsung dua sampai tiga setengah jam.

“Terimakasih kepada orangtua yang setia mendampingi anak-anak di rumah”, tandas Sr Ernesta.

Sr Ernesta lebih jauh mengajak orangtua dan semua pihak berdoa agar pandemi Covid-19 cepat berlalu sehingga kegiatan pendampingan tatap muka di sekolah bisa berjalan optimal.

Perwakilan orangtua dalam sambutannya berterimakasih kepada para guru yang telah membimbing anak-anak sampai akhir tahun dan berkesempatan menerima Sertifikat dan Rapor Semester 2.

Tanpa bermaksud membanding-bandingkan dengan PAUD lain, PAUD HTM diakui lebih baik dari PAUD lainnya.

Acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama. Dari 17 anak tersebut, 16 anak di antaranya dinyatakan melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan sekolah dasar. Sedangkan satu anak lainnya dinyatakan tetap lanjut tahun kedua di PAUD yang sama atas berbagai pertimbangan orangtua.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar