oleh

Jembatan Benenai Telan APBN Rp70 Miliar Lebih, Jalan Alternatif Diresmikan Wagub NTT

BETUN, TIMORline.com-Wakil Gubernur (Wagub) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Drs Josef A. Nae Soi, MM meresmikan jalan alternatif Sungai Benenai yang berada di sebelah timur Jembatan Benenai di Desa Haitimuk Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka, Rabu (09/06/2021) sekira pukul 14.00 wita.

Anggaran pengerjaan jalan alternatif dan Jembatan Sungai Benenai ini diperkirakan menelan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2021 senilai Rp70 Miliar lebih.

Wagub NTT Josef A. Nae Soi (baju biru bertopi), Bupati Malaka Simon Nahak (baju keki) dan salah satu pejabat rekanan yang mengerjakan Jembatan Sungai Benenai saat ini. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Peresmian ini ditandai Wagub Josef, Kepala Balai Sungai Wilayah NTT II, Pejabat Kementerian PUPR, Bupati Malaka Simon Nahak dan Wabup Malaka Kim Taolin, dengan berjalan melewati jalan alternatif tersebut. Ikut juga puluhan pejabat Propinsi NTT dan Kabupaten Malaka.

 

Terpantau, usai Wagub Josef, Bupati Simon dan para pejabat berjalan melewati jalan alternatif ini, kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat semua jenis mulai berjalan melintasi jembatan ini.

Jalan alternatif ini dibangun pascabencana banjir Sungai Benenai, awal April 2021 lalu. Saat itu, banjir Sungai Benenai menerjang jembatan induk Benenai nyaris ambruk.

Kondisi Jembatan Sungai Benenai saat ini. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Sejak itu hingga saat ini, jembatan induk hanya dilintasi pengendara roda dua yang nekad. Sebab, badan jembatan mengalami pembengkokan dan kemiringan cukup tajam. Persambungan ujung blok tiga dan empat tersangkut di salah satu tiang penyangga.

Widiarto dari Kementerian PUPR menjelaskan kalau pengerjaan Jembatan Benenai menelan anggaran Rp70 miliar lebih. Anggaran ini bersumber dari APBN TA 2021.

Anggaran ini sudah termasuk pengerjaan jembatan alternatif saat ini.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Baca Juga:  Kabupaten Malaka Masuk Daftar Prioritas Lokasi Transmigrasi Nasional

Komentar