oleh

Bupati TTU Juandi David: Penjabat Kades Punya Tugas Khusus Fasilitasi Pilkades Definitif

KEFAMENANU, TIMORline.com-Bupati Timor Tengah Utara (TTU) Juandi David menegaskan, seorang Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) mempunyai tugas khusus, yakni memfasilitasi proses pemilihan kepala desa (Kades) Definitif.

Hal itu ditegaskan Bupati David pada Acara Pengambilan Sumpah dan Janji jabatan empat Pj. Kades di Kecamatan Musi, yaitu Pj. Kades Oelneke, Oetulu, Batnes dan Ainan di Halaman Depan Kantor Camat Musi, Jumat (21/05/2021).

Bupati David mengungkapkan, pada 2021 ini banyak kepala desa yang berakhir masa jabatannya. Sehingga, untuk mengisi jabatan kepala desa yang lowong, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) TTU mengambil langkah-langkah yang perlu sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Desa.

Mengutip ketentuan UU dan PP tersebut, Bupati David menjelaskan, dalam hal terjadi kekosongan jabatan kepala desa, Bupati mengangkat seorang PNS sebagai Penjabat Kepala Desa yang memiliki tugas dan wewenang serta memperoleh hak yang sama dengan kepala desa.

“Seorang penjabat kepala desa tidak hanya menjalankan tugas-tugas rutin kepala desa tetapi juga mengemban tugas khusus yakni memfasilitasi pelaksanaan pemilihan kepala desa definitif untuk periode enam tahun ke depan”, katanya.

Salah satu Pj. Kades terlantik menandatangani Berita Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan di hadapan Bupati TTU Juandi David, Jumat (21/05/2021). (Foto: Amie K/Timorline.com).

Bupati David juga mengingatkan, Pj. Kades disumpah dan dilantik maka tugas, kewenangan, hak, kewajiban dan larangan yang berlaku bagi kepala desa juga berlaku bagi seorang penjabat kepala desa sebagaimana diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan.

“Seorang Pj. Kades mempunyai peran penting dalam kedudukannya sebagai unsur pemerintah desa wajib membuka diri terhadap hak masyarakat untuk mendapatkan informasi secara benar, jujur dan tidak diskriminatif”, tandas Bupati David.

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten TTU ini juga menyebut beberapa hal penting yang patut diperhatikan para Pj. Kades, antara lain:

Baca Juga:  Perkuat PKB, Emanuel Bria Masuk Pengurus Pusat

Pertama, menunjukan performa yang baik dalam hal disiplin kerja termasuk disiplin masuk dan keluar kantor.

Kedua, menata kelembagaan desa dan administrasi desa secara baik.

Ketiga, mengelola keuangan desa secara profesional, transparan dan akuntabel bersama seluruh aparat desa.

Keempat, berupaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat desa.

Kelima, mengelola keuangan desa yang berbasis digital menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa atau Siskeudes.

Keenam, mengembangkan berbagai potensi yang ada di desa.

Ketujuh, mengelola BUMDes secara profesional untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Acara pelantikan empat Pj. Kades di Kecamatan Musi ini dihadiri Wakil Bupati TTU Drs. Eusabius Binsasi bersama Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten TTU Susana S. Sarumaha Binsasi, Pastor Paroki Oeolo yang bertindak selaku rohaniwan pendamping, para pimpinan OPD, Camat Musi bersama perangkat, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Musi, Ketua TP-PKK Kecamatan Musi dan perwakilan masyarakat dari keempat desa.

Kontributor: Amie K
Editor: Cyriakus Kiik

Komentar