oleh

Kerjasama dengan Unimor, Bupati Simon: Malaka Fokus Sektor Pertanian

BETUN, TIMORline.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka bekerjasama dengan Universitas Timor di sektor-sektor yang dibutuhkan masyarakat. Sehingga, kerjasama ini diharapkan saling menguntungkan baik Pemkab Malaka maupun Universitas Timor.

Hal ini ditandai dengan Penandatanganan Nota  Kerjasama yang dilakukan Pemkab Malaka bersama Universitas Timor di Aula Kantor Bupati Malaka, Jumat (21/05/2021).

Bupati Malaka Simon Nahak dan Sekda Malaka Donatus Bere pose bersama Rektor Universitas Timor Stefanus Sio dan jajarannya, Jumat (21/05/2021). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Mengawali arahannya, Bupati Malaka Dr Simon Nahak, SH, MH mengatakan, yang utama dalam kerjasama ini bagi Kabupaten Malaka adalah sektor pertanian. Sehingga, keterlibatan Universitas Timor di sektor ini diharapkan datangnya dari Fakultas Pertanian dan Ekonomi.

Karena itulah, Bupati Simon mengharapkan kerjasama Pemkab Malaka bersama Universitas Timor ini tidak hanya di atas kertas. Sebaliknya, perlu ada kajian-kajian dari Universitas Timor yang menghasilkan brand tertentu bagi komoditi masyarakat Kabupaten Malaka.

Terkait Program SAKTI dalam kepemimpinannya, Bupati Simon memimpikan adanya brand padi asal Malaka dengan nama Beras Nona Malaka.

Masih di bidang pertanian, brand lain yang disebutkan Bupati Simon menyebut Kacang Hijau Laka Teu.

“Dua brand komoditi pertanian ini harus nyata bagi masyarakat. Sehingga, ahli-ahli pertanian khususnya ahli perpadian dari Universitas Timor bisa membantu Kabupaten Malaka”, katanya.

Pemberian cindera mata berupa sarung tenunan Malaka dari Bupati Malaka Simon Nahak kepada Rektor Universitas Timor Stefanus Sio disaksikan para pejabat Pemkab Malaka dan Universitas Timor, Jumat (21/05/2021). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Rektor Universiras Timor Dr Stefanus Sio mengatakan, hal penting dalam pengelolaan perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri maupun swasta harus sesuai dengan regulasi dan tuntutan kurikulum.

Untuk itu, pihak Universitas Timor selalu menyiapkan program yang mendukung pemerintah daerah. Tetapi, sebelum program-program itu dilaksanakan di lapangan, terlebih dahulu harus ada kerjasama dengan pemerintah daerah.

Selain Bupati Simon dan Rektor Stefanus, hadir pada kesempatan itu Sekda Kabupaten Malaka Donatus Bere, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Malaka dan para pejabat Universitas Timor.

Baca Juga:  Bupati dan Ketua KPU Malaka Pantau Pemilu 17 April

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar