oleh

Wabup TTU Pastikan Ada Biaya Makan-Minum bagi Petugas Covid-19

KEFAMENANU, TIMORline.com-Wakil Bupati (Wabup) Timor Tengah Utata (TTU) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Eusabius Binsasi memastikan ada biaya makan-minum bagi petugas Covid-19.

Kepastian itu diperolehnya setelah mendapat informasi dari petugas Covid-19 di Pos Batas Oeperigi Kecamatan Noemuti dalam perjalanan pulang dari Kupang ke Kefamenanu, ibukota Kabupaten TTU, Rabu (05/05/2021).

Persoalan uang makan-minum petugas Covid-19 ini mencuat saat salah seorang petugas keamanan di Pos Batas Motadik Kecamatan Biboki Anleu mengeluhkan hal itu kepada Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten TTU Susana Binsasi Sarumaha.

Saat itu Susana sedang dalam perjalanan pulang seusai menyerahkan dana Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada TP-PKK Desa Nifutasi Kecamatan Biboki Anleu.

Di hadapan Susana dan rombongan, petugas itu mengeluh kalau tidak mendapat biaya makan-minum selama bertugas. Bahkan, untuk minum air saja mereka tidak dapat. Padahal mereka sudah bertugas selama sebulan.

“Jadi, kalau mau makan kami terpaksa pakai uang dari kantong kami sendiri”, ungkap seorang petugas keamanan menjawab pertanyaan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten TTU Susana Binsasi Sarumaha yang menanyakan keadaan para petugas itu dalam menjalankan tugas.

Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten TTU Susana Binsasi Sarumaha saat diterima masyarakat Desa Nifutasi, Rabu (05/05/2021). (Foto: Istimewa).

Mendapat keluhan spontanitas petugas itu, Susana yang adalah istri Wakil Bupati TTU ini langsung menginformasikan hal tersebut kepada Wakil Bupati TTU Eusabius Binsasi yang adalah suaminya, melalui telepon seluler.

Pembicaraan melalui telepon seluler itu didengar langsung para petugas Covid-19 di Pos Batas Motadik. Turut menyaksikan, Camat Biboki Anleu Alex Tabesi, Kepala Puskesmas Ponu Raynoldus Kadju dan TIMORline.com.

Dalam pembicaraan melalui telepon seluler itu, Wabup Eusabius menyampaikan kepada Susana kalau dia segera mengecek uang itu setibanya di Kefa. Sebab, dia masih di Soe, dalam perjalanan pulang ke Kefa dari Kupang.

Baca Juga:  Vaksinasi Massal Disambut Antusias Warga Kotawaringin Timur

Langkah itu dilakukan untuk mengetahui mengapa petugas Covid-19 di Kecamatan Biboki Anleu tidak mendapat uang makan-minum.

Tetapi, dalam perjalanan ini, Wabup Eusabius tidak kehilangan akal. Mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Katolik Kementerian Agama (Kemenag) RI ini mampir di Pos Batas Oeperigi Kecamatan Noemuti.

Di pos ini, Wabup mantan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Agama Propinsi NTT itu berkesempatan bincang-bincang dengan petugas Covid-19. Dari bincang-bincang dengan para petugas Covid-19 ini, Wabup Eusabius mendapat penjelasan kalau biaya makan-minum sudah melekat pada tunjangan para petugas sebesar Rp2 juta.

Wabup Eusabius yang dihubungi di Rumah Jabatan Wabup TTU, Senin (20/05/2021) malam, menjelaskan, uang makan-minum petugas Covid-19 dari unsur kesehatan sudah diberikan.

“Uangnya melekat pada tunjangan petugas sebesar Rp2 juta. Sedangkan petugas lainnya masih dikoordinasikan untuk diberikan,” tandas Wabup Eusabius.

Wabup Eusabius mengharapkan para petugas tetap menjalankan tugas kemanusiaan tersebut secara baik. “Hak para petugas semuanya akan diatur secara baik,” demikian Wabup Eusabius.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar