oleh

GUSDURian Peduli Bantu Perbaiki Saluran Air Bersih Masjid di Flores Timur

ADONARA, TIMORline.com-Masjid Jabal Rahmah yang berada di Dusun Molong Desa Kawela Kecamatan Wotan Ulumado-Adonara Kabupaten Flores Timur (Flotim) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami kelangkaan air bersih.

Ini gegara jaringan pipa air bersih yang berasal dari pegunungan Desa Kawela luluh lantak akibat Siklon Tropis Seroja yang terjadi pada 4 april 2021 lalu.

Hal itu berdampak bagi umat Islam yang beribadah di masjid tersebut yang kesulitan berwudlu’ dan bersuci karena langkanya air. Bahkan, sumur yang dimiliki masjid ini pun tidak bisa berfungsi karena mesin airnya juga mati.

Kondisi ini cukup memprihatinkan, apalagi di bulan ramadhan seperti saat ini warga muslim yang ada di daerah tersebut sedang banyak kegiatan ibadah di masjid ini, seperti shalat Tarawih dan Tadarrus Al-Qur’an.

Atas kenyataan tersebut, GUSDURian Peduli bekerjasama dengan Laziskaf Az-Zainiyah, PP Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, membantu kesulitan yang sedang dialami jama’ah masjid “Jabal Rahmah” ini.

Bantuan yang diberikan adalah biaya perbaikan saluran air bersih menuju ke Masjid ini.

Selain memberikan bantuan sarana air bersih, GUSDURian Peduli juga membantu pendirian Perpustakaan di Masjid ini. Bantuan ini berdasarkan keinginan remaja masjid “Jabal Rahmah” yang menginginkan adanya perpustakaan di Masjid tersebut untuk membangun kegiatan literasi khususnya untuk anak-anak muda yang hampir setiap hari beraktivitas di masjid ini.

Zulkifli selaku pengurus Remaja Masjid “Jabal Rahmah” mengatakan, keinginan memiliki perpustakaan masjid ini sudah lama. Tapi, keinginan itu belum bisa terwujud karena keterbatasan dana dan tertunda lagi karena bencana Siklon Tropis Seroja ini.

“Sudah lama sekali kami ingin ada perpustakaan di masjid ini, tapi di sini sulit untuk mendapatkan buku, mas” kata Zulkifli.

Baca Juga:  Pemdes Bisesmus-Malaka Salurkan BLT-DD Bulan Kedua bagi 85 KPM

Menurut A’ak Abdullah Al-Kudus, Ketua Umum GUSDURian Peduli, keinginan remaja masjid “Jamal Rahmah” ini penting untuk didukung, mengingat budaya literasi di Pulau Adonara ini sangat minim.

“Inisiatif-inisiatif baik seperti ini perlu kita dukung bersama”, kata A’ak.

Penerima 72 Icon Pancasila ini juga mengimbau masyarakat yang memiliki buku lebih disumbangkan untuk pengembangan perpustakaan di masjid ini.

Bagi masyarakat yang berkenan menyumbangkan buku, silahkan langsung dikirim ke:

Remaja Masjid “Jabal Rahmah”, Dusun Molong, Rt. 002, Rw. 004 Desa Kawela, Kecataman Wotan Ulumado, Adonara-Flores Timur, NTT, 86261. CP. Zulkifli 0821-5431-5919. (akk)

Editor: Cyriakus Kiik

Komentar