oleh

Komunitas SMGM Kefamenanu Adakan Bakti Sosial di Desa Oenak

KEFAMENANU, TIMORline.com-Komunitas Sahabat Mgr. Gabriel Manek, SVD (SMGM) Cabang Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan bakti sosial di Desa Oenak Kecamatan Noemuti.

Bakti sosial itu berupa pemberian bantuan sembako bagi warga korban banjir di Desa Oenak. Sebab, saat bencana banjir awal April lalu, sebagian besar warga di desa ini terkena banjir.

Seluruh areal persawahan mereka ditutupi banjir. Sehingga, mereka tidak bisa menggarap lagi lahan persawahan yang dimiliki.

Di sela-sela pembagian sembako, Kepala Desa Oenak Yakobus Kosat merincikan, jumlah kepala keluarga (KK) di desanya yang terdampak banjir sekira 41 KK.

“Kami berterimakasih kepada Komunitas SMGM Cabang Kefamenanu karena komunitas SMGM yang hadir pertama dalam memberikan atensi buat korban bencana di sini”, jelas Kades Yakobus.

Ketua Komunitas SMGM Cabang Kefamenanu Adrianus Magnus Kobesi mengaku sangat prihatin terhadap warga yang menjadi korban banjir.

“Pemberian bantuan seperti ini merupakan bagian dari spiritualitas Mgr. Gabriel Manek yang juga pendiri biara PRR sehingga para Suster PRR Noemuti juga hadir dalam kegiatan bakti sosial hari ini”, kata Magnus.

Salah seorang nenek yang sudah tua saat ditemui Susters PRR bersamaan dengan kegiatan bakti sosial Komunitas SMGM di Desa Oenak. (Foto: Istimewa).

Menurut Magnus, memperhatikan orang yang sakit secara fisik, mental dan kelompok pinggiran adalah semangat Mgr. Gabriel Manek yang harus dihidupi.

Seusai pemberian bantuan sosial, Komunitas SMGM berkesempatan mengunjungi orang sakit yang ada di Desa Oenak sambil mendoakan orang sakit.

Antara lain mengunjungi dan berbagi bersama dua ibu yang tinggal serumah saling menolong, yakni Theresia Soni yang sudah buta dan Sisilia. Keduanya sudah sangat tua.

Mereka menjalani hidup di rumah yang tanpa penerangan, hanya pakai lampu pelita. Makan minum pun sangat sulit. Mereka lebih banyak hidup dari kemurahan sesama yang berbaik hati.

Baca Juga:  Tim Dokter Forensik Polda NTT Otopsi Jenazah Warga TTU Emiliana Sainoin

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar