oleh

Gusdurian Peduli Bantu Korban Bencana Lembata

ILEAPE, TIMORline.com-Gusdurian Peduli menyalurkan sejumlah bantuan bagi korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kecamatan Ileape Kabupaten Lembata Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (30/04/2021).

Penyaluran bantuan tersebut setelah  terlebih dahulu  melakukan asesment mengenai kebutuhan pengungsi yang dilakukan sehari sebelumnya oleh Tim Gusdurian Peduli  yang diwakili A’ak Abdullah Al-Kudus dan Yuska Harimurti dibantu Mansetus Balawala dari Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS).

Paket bantuan Gusdurian Peduli siap dibagikan bagi warga terdampak banjir dan tanah longsor di Kabupaten Lembata, Jumat (30/04/2021). (Foto: Mansetus Balawala/Timorline.com).

Sejumlah paket bantuan sesuai kebutuhan pengungsi, yakni terpal, drum air, peralatan pertukangan yang akan digunakan untuk mengerjakan hunian sementara beratapkan terpal, juga vitamin dan sejumlah kebutuhan lain disalurkan langsung kepada para pengungsi yang bermukim di pondok-pondok pribadi di area Waisesa dan Kalabahi.

Para pengungsi di area tersebut berasal dari Desa Tanjung Batu dan Desa Amakaka Kecamatan Ileape. Bantuan terpal dimaksud akan digunakan para pengungsi untuk membangun tenda-tenda darurat sebagai tempat tinggal sementara.

Saat ini dalam satu pondok berukuran sekira 2 x 3 meter dihuni 3-4 KK. Kondisi ini sangat memrihatinkan. Mereka berdesakan dalam satu pondok berukuran kecil dan sangat sulit bagi mereka untuk istirahat.

Selain di kedua area tersebut, Gusdurian Peduli juga menyalurkan sekira 30 paket bantuan berupa peralatan dapur sesuai kebutuhan para pengungsi.

Paket peralatan dapur ini diberikan bagi pengungsi asal Desa Waimatan yang saat ini terkonsentrasi di SMP St. Pius Lewoleba sejak bencana banjir bandang dan tanah longsor terjadi.

Sebagian paket bantuan yang siap dibagikan kepada warga terdampak banjir dan tanah longsor di Kabupaten Lembata, Jumat (30/04/2021). (Foto: Mansetus Balawala/Timorline.com).

Setiap paket bantuan peralatan dapur terdiri dari sejumlah perlengkapan masak mulai dari dandang, tacu, ember, pisau dan berbagai jenis peralatan masak lainnya.

Paket perlengkapan masak ini sebagai persiapan bagi para pengungsi saat kembali tinggal di kos-kosan yang dibiayai pemerintah dan rumah keluarga lainnya sambil menunggu relokasi setelah perumahan yang disiapkan untuk mereka usai dikerjakan.

Baca Juga:  Konsultan Perencana Proyek Wisata Awololong-NTT Ditetapkan Jadi Tersangka

Pantauan TIMORline.com di area Waisesa yang akan dijadikan relokasi para pengungsi, saat ini sedang dikerjakan rumah contoh dan selanjutnya akan dibangun 700 unit rumah tinggal bagi para pengungsi Ileape dan Ileape Timur, di beberapa lokasi berbeda.

Dari Lembata, Tim Gusdurian bersama YKS akan mengunjungi Adonara, Sabtu (01/05/2021) besok untuk melakukan asesment kebutuhan pengungsi. Selanjutnya, membelanjakan bantuan sesuai kebutuhan korban banjir dan tanah longsor di Adonara.

Penulis : Mans Balawala
Editor : Cyriakus Kiik

Komentar