oleh

Bupati TTU: Pemerintah Bukan Aktor Tunggal dan Superman

KEFAMENANU, TIMORline.com-Semua elemen masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) harus bersatu membangun wilayah itu. Sebab, pemerintah bukan aktor tunggal dan superman.

Hal itu disampaikan Bupati TTU Drs. Juandi David dalam sambutannya saat membuka Forum Konsultasi Publik dalam Rangka Penyempurnaan Rancangan Awal RPJMD 2021-2026.

Bupati David kemudian menyebut beberapa aturan sebagai pedoman utama penyusunan RPJMD. Antara lain Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata cara Evaluasi Rancangan RPJMD serta Tata Cara Perubahan RPJMD.

“Peraturan-peraturan tersebut telah mengatur secara rinci tentang proses dan tahapan penyusunan hingga penyajian dokumen perencanaan pembangunan daerah”, tegas mantan Kepala Dinas PMD Kabupten TTU ini.

Bupati David mengatakan, pembangunan daerah membutuhkan pendekatan perencanaan yang dapat dibedakan antara proses dan substansi.

Pendekatan yang berorientasi pada proses mencakup pendekatam teknokratik, partisipatif, politis serta atas-bawah dan bawah-atas.

“Pendekatan-pendekatan ini menjadi roh yang harus menjiwai seluruh proses penyusunan dokumen RPJMD. Yang perlu diperhatikan juga adalah kajian lingkungan hidup strategis dalam perencanaan untuk mengarahkan pembangunan yang berwawasan lingkungan”, tandas Bupati David.

Untuk mendapat input dari semua pemangku kepentingan, Bupati David menekankan pentingnya partisipasi semua pemangku kepentingan untuk menyempurnakan rancangan awal RPJMD.

“Forum pemangku kepentingan yang paling tepat adalah forum komunikasi publik ini”, tandas Bupati David.

Bupati David menegaskan, dalam menentukan prioritas pembangunan perlu diperhitungkan asas manfaat dan mencakup kepentingan banyak orang di tengah keterbatasan sumber keuangan daerah.

“Saya mengharapkan adanya komitmen, keterpaduan dan kebersamaan di antara semua pemangku kepentingan untuk membangun Kabupaten TTU ke depan dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah 2021-2026”, demikian Bupati David.

Baca Juga:  Bupati TTU dan Kepala Perangkat Daerah Tandatangan Kontrak Kinerja 2021

Penulis: Amie K
Editor: Cyriakus Kiik
Sumber: Diskominfo Kabupaten TTU

Komentar