oleh

Bupati Malaka Terpilih, Uskup Atambua, Deken Malaka dan Penjabat Bupati Koordinasi Penanganan Banjir

BETUN, TIMORline.com-Bupati Malaka Terpilih Dr Simon Nahak, SH, MH bertemu Uskup Atambua Mgr Dominikus Saku, Pr, Deken Malaka Romo Edmundus Sako, Pr dan Penjabat Bupati Malaka Viktor Manek, SSos, MSi di Aula Susteran SSpS, Betun, Rabu (07/04/2021).

Dalam pertemuan singkat itu, mereka berkoordinasi untuk menangani korban bencana banjir di Kabupaten Malaka.

Dari kiri ke kanan: Penjabat Bupati Malaka Viktor Manek, Uskup Atambua Mgr Dominikus Saku, Pr, Deken Malaka Romo Edmundus Sako, Pr dan Bupati Malaka Terpilih Dr Simon Nahak, DH, MH. Gambar diambil Rabu (07/04/2021). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Kedatangan Uskup Atambua Mgr Dominikus Saku, Pr didampingi Deken Malaka Romo Edmundus Sako ini sekalian menginformasikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka untuk mengantar bantuan sembako dari Keuskupan Atambua ke Posko Utama Bencana Banjir Malaka yang bertempat di Aula Susteran SSpS Betun.

Kepada Uskup Dominikus dan Deken Edmundus, Penjabat Bupati Malaka Viktor Manek menjelaskan, hingga saat ini bantuan bagi para korban bencana banjir terus berdatangan. Baik dari pihak gereja, paguyuban, komunitas, organisasi kemasyarakatan lintas agama dan etnis.

“Yang kita butuh saat ini adalah informasi dan data baik dari masyarakat maupun pemerintah yang menjadi kajian kita untuk penyaluran bantuan”, demikian Penjabat Bupati Viktor.

Tanpa berlama-lama, dalam nada canda sambil memohon Uskup Dominikus dan Deken Edmundus untuk mendoakannya dalam masa kepemimpinannya setelah dilantik menjadi Bupati Malaka Definitif, Bupati Malaka Terpilih Simon Nahak kemudian pamitan.

“Mohon doa Bapak Uskup dan Romo Deken. Saya terpilih jadi Bupati Malaka karena doa-doanya”, aku Simon sambil mengatup kedua tangannya sambil membungkukkan badan sedikit memberi salam hormat kepada Uskup Dominikus, Deken Edmundus dan Penjabat Bupati Viktor Manek.

Saat hendak pergi, Simon bilang, sebelum dilantik jadi Bupati Malaka, dia mesti bersihkan lumpur dalam rumah dulu. “Malaka bencana. Jadi, lumpur dalam rumah harus dibersihkan dulu. Saya ingin Malaka bersih”, kata Simon sambil tertawa meninggalkan kerumunan puluhan pejabat dan pegawai di Aula Susteran SSpS Betun.

Baca Juga:  Sholat Id di Malaka, Khotib: Idul Fitri Sempurnakan Umat Islam
Uskup Atambua Mgr Dominikus Saku, Pr (setengah jongkok) dan Deken Malaka Romo Edmundus Sako, Pr (berdiri kiri) saat mendoakan dan menjamah seorang nenek, korban bencana banjir, yang sedang terbaring sakit di Aula Gereja Katolik Dekenat Malaka, Betun, Rabu (07/04/2021). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Selepas Simon pergi, Uskup Dominikus dan Penjabat Bupati Malaka Viktor Manek berkunjung ke tempat penampungan korban bencana banjir di Aula Gereja Katolik Dekenat Malaka.

Di sana, Uskup Dominikus bertemu dan bincang-bincang dengan warga korban banjir. Baik anak-anak maupun yang berusia lanjut.

Uskup Dominikus dan Deken Edmundus bahkan sempat mendoakan seorang nenek yang sedang terbaring sakit.

Terlihat nenek itu mengelus-elus pergelangan tangan dan selendang tenunan Timor yang melingkar di leher Uskup Dominikus. Uskup Dominikus kemudian melepas dan melingkarkan selendangnya kepada sang nenek.

Penyerahan bantuan bencana banjir Keuskupan Atambua dari Uskup Atambua Mgr Dominikus Saku, Pr (kiri) kepada Penjabat Bupati Malaka Viktor Manek (tengah) disaksikan Sekda Kabupaten Malaka Donatus Bere, SH (kanan). Gambar diambil Rabu (07/04/2021). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Seusai berkunjung, Uskup Dominikus dan rombongan Keuskupan Atambua seperti Romo Maxi Sikone, Romo Yohanes Oki dan Romo Emanuel Kiik Mau, Pr bersama Penjabat Bupati Viktor dudampingi sejumlah pejabat kembali ke Aula Susteran SSpS untuk penyerahan bantuan Keuskupan Atambua.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis dari Uskup Dominikus kepada Penjabat Bupati Viktor disaksikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malaka Donatus Bere, SH.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar