oleh

YKS dan Kedutaan Besar Jepang Teken Kontrak Pengadaan Ambulans Laut

JAKARTA, TIMORline.com-Yayasan Kesehatan untuk semua (YKS) dan Kedutaan Besar Jepang melakukan penandatanganan kontrak kerjasama pengadaan ambulans laut untuk melayani rujukan cepat antarpulau di Kabupaten Flores Timur, NTT. Penandatanganan kontrak kerja sama dimaksud berlangsung di Gedung Kedutaan Jepang, Kamis (25/03/2021) pukul 14.30 WIB.

Dalam sambutannya, Duta Besar Jepang Kanasugi Kenji mengatakan, tahun ini ada lima lembaga yang mendapat kepercayaan mengelolah  hibah Grassroots Human Security Project, setelah  melalui penilaian dan seleksi yang ketat.

Dari project yang diajukan,  terlihat  bahwa Indonesia yang sedang berkembang dan lagi giat membangun, ternyata masih ada hal yang kurang, dimana banyak kebutuhan masyarakat yang belum mendapatkan sentuhan.

Untuk itu, Kanasugi berharap lembaga yang mendapat kepercayaan ini benar-benar bekerja dengan baik dan bertanggungjawab untuk mencapai hasil yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Penanggungjawab lima lembaga penerima bantuan  pose bersama.Duta Besar Jepang Kanasugi Kenji, Kamis (25/03/2021). (Foto: Istimewa).

“Kali ini dari lima lembaga yang dipercaya mengelolah grassroots Human Security Project, tiga lembaga di antaranya bergerak di bidang pendidikan dengan membangun ruang belajar atau melakukan renovasi gedung sekolah. Sementara dua lembaga lain masing-masing, menjalakan project  pengadaan ambulans laut dan budi daya lebah madu,” jelas Kanasugi.

Sementara itu, Katarina Rambu selaku perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri  meminta lima lembaga penerima hibah dapat mengelolah project  yang dipercayakan secara baik dan berkelanjutan.

“Kami sebagai pemerintah yang dipercaya melakukan pengawasan akan mengundang kelima lembaga yang mendapat kepercayaan ini untuk mempresentasikan proposalnya dalam pertemuan lintas sektor yang  akan dilakukan   April nanti,” ujar perempuan asal Sumba, NTT ini dan menambahkan bahwa pihaknya mengapresiasi  Kedutaan Jepang yang terus membangun kerja sama meski   dalam masa pandemi Covid-19.

Ketika diberi kesempatan menyampaikan sambutan, Penanggungjawab YKS, Mansetus Balawala menjelaskan, dukungan Kedutaan Jepang kepada YKS merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya YKS juga mendapat dukungan dalam penguatan program Ambulans Motor.

Baca Juga:  Fachrul Razi: Sumba Timur Berpeluang Mekar Jadi Tiga Kabupaten
Dubes Jepang Kanasugi Kenji (kanan) dan Penanggungjawab YKS Mansetus Balawala (kiri). (Foto: Istimewa).

Kehadiran Ambulans Laut ini, demikian Balawala, merupakan dukungan yang paripurna terhadap YKS yang konsisten mengembangkan program pendekatan layanan kesehatan kepada masyarakat sejak 2002. Ambulans Laut ini akan menjadi yang pertama di NTT.

Empat lembaga lain yang ikut menandatangani kontrak kerjasama adalah SMP Abdi Bangsa, Yayasan Mitra Sadina Mataram, Yayasan Almuhajirin Cirebon Jawa Barat, dan Institut Penelitian dan Pengembangan Masyarakat Sulawesi Selatan.

Usai penandatanganan, dilanjutkan dengan pertemuan bersama antara perwakilan kelima lembaga penerima hibah dan Sekretaris III Kedutaan Jepang, Kimura Yusuke yang berlangsung di salah satu ruang meeting  Gedung Kedutaan Jepang. Pertemuan itu membahas beberapa hal seputar  pelaksanaan proyek dari masing-masing lembaga.

Penulis : Mans Balawala
Editor   : Cyriakus Kiik

Komentar