oleh

Kantor Desa Angkaes Direhab Pakai Sumbangan Perangkat

BETUN, TIMORline.com-Wajah bangunan Kantor Desa Angkaes Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sangat memrihatinkan.

Kondisi ini mengetuk hati para perangkat desa setempat. Dimotori Kepala Desa (Kades) Angkaes Leonardus Laka Bauk, para perangkat desa bersepakat untuk merehab Kantor Desa Angkaes. Maklum, kantor desa ini terlihat kusam. Di semua sisi bangunan sudah rusak.

Anggaran untuk kegiatan fisik pembangunan atau merehab kantor desa tidak ada. Kita sumbang pribadi untuk rehab ini kantor”, tandas Kades Leonardus saat ditemui di kantornya, Jumat (19/03/2021).

Menurut Kades Leonardus, untuk mendapatkan sumbangan perangkat, dia mengajak dan bersepakat dengan Sekretaris Desa, Kepala Seksi, Kepala Urusan, Kepala Dusun, RT dan RW disertai berita acara yang jelas, untuk sumbang sedikit dari penghasilan tetap mereka.

“Sumbangan itu diberikan perangkat setiap kali pencairan anggaran desa. Biasanya satu tahun tiga kali pencairan. Tetapi, sumbangan perangkat itu hanya diberikan dua kali dalam setahun. Karena saat pencairan ketiga atau terakhir, tidak ada pemotongan. Kami semua sepakat sumbang untuk bangun kantor desa”, tandas Kades Leonardus.

Kades Leo, begitu akrabnya,  menguraikan, sumbangan perangkat desa yang diberikan ini besarannya bervariasi. Sumbangan Kepala Desa sebesar Rp2 juta, Sekretaris Desa Rp1,5 juta, kepala seksi dan kepala urusan Rp1 juta dan kepala dusun Rp250.000,00.

Saat TIMORline.com mendatangi kantor desa ini, Jumat (19/03/2021), terlihat Kades Leo dan sebagian perangkat desa sedang melakukan pengatapan kantor Desa Angkaes.

Material berupa seng, kayu, pasir dan batu terlihat berserakan di dalam kantor desa. Sebagian lantai sudah dikeramik. Tapi, sebagian lantai juga masih basah, baru dikerjakan.

Berapa anggaran yang diperlukan untuk merehab kantor desa saat ini, Kades Leo enggan mengungkapnya.

Baca Juga:  Besok, Penarikan Nomor Urut Pasangan Calon Peserta Pilkada Malaka 2020

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar