oleh

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sindang Heula

SERANG, TIMORline.com-Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono dan Gubernur Banten Wahidin Halim meresmikan bendungan Sindang Heula di Kabupaten Serang, Propinsi Banten, Kamis (04/03/2021).

“Alhamdulillah bendungan Sindang Heula yang terletak di Desa Sindangheula Kecamatan Pabuaran yang dibangun sejak 2015 telah selesai dan siap difungsikan,” kata Presiden Joko Widodo saat peresmian bendungan tersebut di Serang.

Menurut Presiden Jokowi, bendungan tersebut nantinya berfungsi untuk meningkatkan produktivitas pertanian dengan kapasitas 9,3 juta meter kubik. Bendungan tersebut akan memberikan manfaat bagi irigasi seluas 1.280 hektare sawah yang ada di Kabupaten Serang, Kota Serang dan sekitarnya di Propinsi Banten.

“Kita mengharapkan bendungan ini mempunyai nilai tambah yang besar bagi para petani di Banten dan dalam menjamin ketersediaan air yang cukup, sehingga para petani semakin produktif dan bisa menjaga ketahanan pangan,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengungkapkan, Bendungan Sindang Heula juga menyediakan ketersediaan air baku bagi daerah-daerah industri yang berkembang di Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon. Sebab, bendungan ini mampu menyediakan kebutuhan air baku sebanyak 0,80 meter kubik per detik.

“Ini sudah mulai digunakan oleh propinsi sekira 0,40 meter kubik per detik,” katanya.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho. (Foto: Bidhumas Polda Banten).

Selain itu, bendungan ini juga bermanfaat untuk pengendalian banjir dengan kemampuan mereduksi banjir sekira 50 meter kubik per detik dari beberapa sungai yang sering meluap, yakni sungai Ciujung dan Cidurian.

Bendungan tersebut juga berfungsi sebagai pembangkit listrik dan mampu menghasilkan 0,40 mega watt, jika ke depan akan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.

“Bendungan ini bisa dimanfaatkan untuk konservasi dan destinasi pariwisata baru. Kita harus bisa menjaga konservasi di sekitar waduk. Harapannya airnya setiap tahun terus naik dan manfaatnya semakin besar bagi masyarakat Banten,” kata Presiden Joko Widodo.

Baca Juga:  Paspampres Juara Umum Turnamen Silat Terbuka Tingkat Nasional

Sementara itu, Gubernur Banten Wahidin Halim berterimakasih kepada pemerintah pusat atas dibangunnya bendungan Sindangheula yang akan mengairi sekira 1.200 hektare lahan pertanian di wilayah utara Banten.

“Selain untuk pertanian, bendungan ini juga memenuhi air baku untuk minum bagi masyarakat di wilayah Cilegon, Serang dan untuk industri,” kata Wahidin Halim.

Turut hadir dalam kunjungan Presiden Joko Widodo tersebut Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho.

Usai peresmian yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, dilanjutkan peninjauan bendungan oleh Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri.

Editor: Cyriakus Kiik
Sumber: Bidhumas Polda Banten

Komentar