oleh

Kapolsek Weliman Bersama Anggota Pantau Rumah dan Kebun Warga yang Digenangi Air

BETUN, TIMORline.com-Kapolsek Weliman Iptu Oscar Pinto Ribeiro, SSos bersama anggota melakukan pemantauan terhadap rumah dan kebun warga yang digenangi air, Sabtu (27/02/2021) sekira pukul 11.20 Wita.

Pemantauan dilakukan di dua desa, yakni Desa Lamudur dan Forekmodok Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dari hasil pantauan itu, dipastikan tidak ada korban jiwa. Tetapi, kebun milik warga setempat baik kebun sawah maupun ladang digenangi air.

Genangan air terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu pada Jumat (26/02) sejak siang hingga malam harinya.

Ketinggian air hujan yang menggenangi beberapa rumah milik warga masyarakat mencapai 20-30 centimeter atau setinggi lutut orang dewasa.

Tanaman jagung di sebagian kebun warga juga disapu air hingga rata dengan tanah. Namun, hingga Sabtu (27/02) siang saat Kapolsek Oscar bersama anggota melakukan pemantauan di wilayah itu, air sudah berangsur turun. Sebagian warga terlihat sedang membersihkan kebunnya.

Kepada warga setempat, Kapolsek Oscar mengimbau warga setempat untuk selalu menjaga kesehatan dan lingkungan. Sebab, saat ini sudah memasuki musim penghujan. Sehingga, cuaca juga tidak menentu.

“Kita harus selalu waspada, mengingat cuaca atau curah hujan sampai dengan saat ini masih tidak menentu”, tandas Kapolsek Oscar.

Selain itu, mantan Kapolsek Laenmanen itu mengingatkan warga untuk selalu memperhatikan sanak keluarga jika curah hujan berpeluang banjir.

Bila ada banjir, kata Kapolsek Oscar, warga diminta segera memberikan informasi melalui aparat desa, Polsek Weliman dan unsur Tripika untuk segera diambil tindakan.

“Apabila air hujan masuk sampai ke dalam rumah agar membantu mengevakuasi masyarakat dan membawanya ke tempat yang lebih aman”, demikian Kapolsek Oscar.

Warga juga diingatkan selalu disiplin mengikuti kebijakan Pemerintah sesuai dengan Protokol Kesehatan selama Pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Gubernur NTT Tunjuk Ketua NU NTT Jadi Ketua Panitia Pesparani Nasional 2020

Antara lain, selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, memakai masker, tidak berkerumun dan menjaga jarak fisik.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar