oleh

Polda Banten Mendukung Program Prioritas Kapolri

SERANG, TIMORline.com-Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto mendukung penuh program prioritas Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Hal ini diungkapkannya kepada wartawan seusai mengikuti video conference Rapat Pimpinan (Rapim) Polri Tahun 2021 bersama Kapolri Sigit di Aula Rupatama Mapolda Banten, Selasa (16/02/2021).

Saat Rapim, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto didampingi Wakil Kapolda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari, Irwasda Polda Banten Kombes Pol Ady Soesono, para Pejabat Utama Polda Banten dan Kapolres Jajaran Polda Banten.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto menjelaskan, Rapim Polri Tahun 2021 ini membahas Program Kerja Kapolri dalam mendukung program kerja pemerintah.

“Kita membantu melaksanakan Program 100 Hari Kerja Bapak Kapolri, khususnya 16 program prioritasnya yang merupakan penjabaran dari program kerja pemerintah”, tandas Kapolda Rudy.

Kapolda Rudy menyebutkan, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit memiliki 16 Program Prioritas, diimplementasikan secara bertahap melalui timeline penentuan rencana aksi, target dan implementasi dalam tiga tahap, yaitu Tahap Pertama 100 Hari, Tahap Kedua 2021-2022, dan Tahap Ketiga 2023-2024.

“Enam belas Program Prioritas Kapolri disebut “Presisi” yakni Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan”, kata Kapolda Rudy.

Disebutkan, 16 Program Prioritas Kapolri ini bertujuan menata kelembagaan, perubahan sistem dan metode organisasi, menjadikan sumber daya manusia (SDM) Polri yang unggul di era police 4.0, perubahan teknologi kepolisian modern, peningkatan kinerja pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, peningkatan kinerja penegakkan hukum, pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengharapkan Program Prioritas Bapak Kapolri dapat terlaksana dengan baik dengan Konsep Transformasi Menuju Polri yang Presisi atau Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan.

Baca Juga:  Keluarga Besar Himpaudi Jayapura Adakan Halal Bihalal 1442 H

Menurut Kombes Edy, Transformasi menuju Polri yang Presisi nantinya akan diterapkan pada masing-masing satuan kerja Polri.

“Program prioritas tersebut akan diterapkan melalui rencana aksi masing-masing satker. Salah satunya Polri akan mengubah bentuk pelayanan yang transparan di Polsek dengan menyelesaikan kasus-kasus yang menjadi perhatian publik.

Dalam kepemimpinan Kapolri Sigit, Polri Presisi ditekankan pada pentingnya kemampuan pendekatan pemolisian prediktif (predictive policing) agar Polri mampu menakar tingkat gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) melalui analisis berdasarkan pengetahuan, data dan metode yang tepat sehingga dapat dicegah sedini mungkin.

“Responsibilitas dan transparansi berkeadilan dimaksudkan pendekatan pemolisian prediktif yang ditekankan agar setiap anggota Polri mampu melaksanakan tugasnya secara cepat dan tepat, responsif, humanis, transparan, bertanggungjawab dan berkeadilan,” demikian Kombes Edy Sumardi.

Editor: Cyriakus Kiik
Sumber: Bidhumas Polda Banten

Komentar