oleh

Forum Pemuda Peduli Lingkungan Protes Tempat Pembuangan Sampah di Kantor Dinas PUPR dan DPRD Malaka

BETUN, TIMORline.com-Masyarakat Desa Kateri Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tergabung dalam Forum Pemuda Peduli Lingkungan melakukan aksi protes tempat pembuangan sampah di wilayah itu, Selasa (16/02/2021).

Aksi protes itu dilakukan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan DPRD Malaka. Mereka mengusung isu perjuangan, “Save Suaka Marga Satwa Kateri”.

Selain berorasi, massa aksi mendesak untuk bertemu dengan Kepala Dinas (Kadis) PUPR dan pimpinan DPRD Malaka.

Di Dinas PUPR, massa aksi bertemu dengan Kepala Bidang Bina Marga Laurens Haba. Laurens bersedia memberikan penjelasan kepada massa terkait tempat pembuangan sampah di Kabupaten Malaka.

Tetapi, kesediaan Laurens memberi penjelasan ditolak Koordinator Aksi Marsel Seran.

Koordinator Aksi Marsel Seran (baju merah) negosiasi dengan pejabat Polres Malaka Kasat Binmas Iptu Cyirillus Manek untuk bertemu dengan pimpinan Dewan. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Koordinator Marsel menghendaki penjelasan dinas disampaikan di Kantor DPRD Malaka bersama anggota Dewan.

Massa aksi juga membawa sampah dan dibuang di sini.

Dari Kantor Dinas PUPR, massa aksi konvoi menggunakan puluhan sepeda motor ke Kantor DPRD Malaka.

Di sana, sempat terjadi adu negosiasi antara Koordinator Marsel dengan Kasat Binmas Polres Malaka Ipda Cyirillus Manek. Sebab, Marsel bersama massanya mencoba menerobos pagar betis anggota Polres dan Sat Pol PP Malaka masuk ke dalam kantor Dewan. Tetapi, Kasat Cyirillus tegas, “Tidak lewat jalan”.

Setelah dilakukan negosiasi, massa aksi diwakili Marsel dan dua temannya diperkenankan bertemu dengan Komisi III DPRD Malaka.

Koordinator Aksi Marsel Seran (ikat kepala) dan dua perwakilan massa saat di Ruang Komisi III DPRD Malaka, Selasa (16/02/2021). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Terpantau, hadir Ketua Komisi III DPRD Malaka Felix Bere Nahak dan anggota komisi, antara lain Frederikus Seran, Andreas Nahak, Hendri Melki Simu, Roberto Taruk, Maria Fatima Seuk Kain dan Ignasius Fahik.

Hingga berita ini diturunkan, pihak massa aksi dan DPRD Malaka masih menunggu pihak dinas terkait untuk mencari solusi terbaik.

Baca Juga:  Hari Ini, DPRD dan Pemkab Malaka Adakan RDP Bahas Empat Agenda

Ketua Komisi III DPRD Malaka Felix Bere Nahak mengatakan, pihaknya sudah langsung mengeluarkan undangan kepada pimpinan dinas terkait untuk datang di Kantor DPRD Malaka guna bersama-sama menanggapi tuntutan massa aksi.

Aksi massa ini dipicu pembuangan sampah sembarangan yang dilakukan pihak Dinas PUPR selama ini di sepanjang ruas jalan Umasakaer (Desa Bakiruk) – Desa Kateri, Kecamatan Malaka Tengah.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar