oleh

Kajati NTT Yulianto Diduga Kuat Gencar Intimidasi Saksi, Advokat dan Notaris PPAT

KUPANG, TIMORline.com-Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Nusa Tenggara Timur (NTT) Yulianto, dkk, diduga kuat selama ini gencar melakukan intimidasi dan menebarkan teror terhadap para saksi, Notaris/PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) dan Advokat di NTT.

Dugaan intimidasi dan teror itu terkait perkara korupsi pengelolaan tanah aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat (Mabar) seluas 30 Ha yang terletak di Kerangan Labuan Bajo.

Advokat Senior dari Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) Egidius Sadipun, SH dalam rilisnya yang diterima redaksi TIMORline.com di Kupang, Minggu (14/02/2021) siang, mengungkapkan, pihaknya telah melakukan investigasi secara mendalam terkait perkara dugaan korupsi pengelolaan tanah aset milik Pemkab Mabar.

Dijelaskan, dalam investigasi itu, dugaan intimidasi dan teror yang dilakukan Kajati Yulianto, dkk, terhadap para Saksi, Notaris/PPAT dan Advokat dilakukan secara tertutup dan terbuka.

Menurut Egidius Sadipun, dugaan intimidasi dan teror itu diduga dilakukan Kajati Yulianto, dkk, demi ambisi sebagai Jaksa hebat yang dipuja-puji masyarakat NTT.

Bahkan, Egidius Sadipun mengungkap, Kajati NTT Yulianto disebut-sebut diusulkan masyarakat NTT menjadi Jaksa Agung menggantikan Jaksa Agung Sanitar Burhanudin. Sebab, Yulianto dinilai kemampuannya melebihi Jaksa Agung RI Sanitar Burhanuddin yang saat ini adalah atasannya sendiri.

“Jika ini yang dikejar dan menjadi ambisinya maka Penegakkan Hukum di NTT tidak akan menemui jalan lurus menuju tujuan UU”, tandas Egidius Sadipun.

Di bawah komando TPDI, para Advokat Jakarta sekira 150 orang akan membeberkan hasil investigasi TPDI terkait kasus pengelolaan tanah aset Pemkab Mabar di Krengan Labuan Bajo yang saat ini ditangani Kajati Yulianto, dkk.

Ke-150 Advokat itu juga akan bergabung dengan para Advokat Kota Kupang mendampingi Advokat Ali Antonius dalam pemeriksaannya di Kejati NTT, meski melalui jarak jauh.

Baca Juga:  Advokat Ali Antonius Dipanggil Kajati NTT, Organisasi Advokat Nasional dan Advokat NTT di Jakarta segera Bertemu Jaksa Agung

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar