oleh

Polres Malaka dan Stakeholder akan Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19 saat Ibadah Hari Natal 2020

BETUN, TIMORline.com-Polres Malaka berkolaborasi dengan instansi terkait akan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 saat ibadah Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Hal ini disepakati Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Malaka dalam Rapat Tim tersebut di pelataran Polsek Malaka Tengah, Betun, Rabu (23/12/2020) siang.

Rapat ini dipimpin Plh. Kapolres Malaka AKBP Rishian Krisna Budhiaswanto. Tampak, hadir Dandim 1605/Belu Letkol Inf Wiji Untoro dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malaka Donatus Bere.

Hadir pula Kadis Kominfo Malaka Brynsina Elfrida Klau, Kadis Kesehatan Kabupaten Malaka Paskalia Frida Klau, Kadis Perhubungan Kabupaten Malaka Ferdinand Un Muti dan Perwakilan Sat Pol PP Kabupaten Malaka.

Plh. Kapolres Malaka AKBP Rishian Krisna Budhiaswanto di awal rapat menegaskan, perlu adanya penerapan dan penegakkan Protokol Kesehatan Covid-19 guna mencegah Covid-19 saat ibadah Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Ini bukan kerja tetapi tanggungjawab kita semua untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat”, tandas Plh. Kapolres Krisna.

Plh. Kapolres Malaka AKBP Rishian Krisna Budhiaswanto (tengah), Sekda Kabupaten Malaka Donatus Bere, SH (kanan) dan Dandim 1605/Belu Letkol Inf Wiji Untoro (kiri). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Dijelaskan, langkah-langkah ini perlu dilakukan menyusul terjadinya beberapa kasus di daerah. “Kasus-kasus itu terjadi karena rendahnya koordinasi, sinergitas dan kolaborasi semua stakeholder dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan menjaga kamtibmas secara umum”, katanya.

Bagi Plh. Kapolres Krisna, kolaborasi semua stakeholder sangat diperlukan untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19, menjaga kamtibmas dan situasi di Kabupaten Malaka pascapendaftaran gugatan sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi.

“Jangan berikan toleransi kepada siapa pun yang melanggar protokol kesehatan Covid-19 dan mengganggu Kamtibmas. Karena dampaknya sangat luas bagi masyarakat yang intinya berdampak pada pembangunan dan gerak ekonomi masyarakat”, tandas Plh. Kapolres Krisna.

Plh. Kapolres Krisna kemudian memberi kesempatan kepada para pejabat yang hadir untuk berpendapat.

Baca Juga:  Dimakamkan secara Kedinasan, Peti Jenazah Kakak Sulung Bupati Malaka Ditutupi Bendera Merah Putih

Plh. Kapolres Krisna bersama para pejabat kemudian bersepakat untuk terlibat aktif menerapkan protokol kesehatan Covid-19 saat ibadah Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Karena itu, saat Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, perlu ada perwakilan dari stakeholder di Center Command atau Pos Pusat Komando.

Suasana rapat Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Malaka di pelataran Polsek Malaka Tengah, Rabu (23/12/2020). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

“Di Center Command harus ada polisi, TNI, Pol PP, Dishub, Dinkes, Diskominfo dan Badan Penanganan Bencana. Unsur-unsur ini harus ada. Tidak hanya datang dan pulang tetapi harus ada di pos. Nanti kita siapkan buku piketnya”, tandas Plh. Kapolres Krisna.

Selain di pos, unsur-unsur instansi ini harus ada juga di gereja saat ibadah Hari Natal dan Tahun Baru.

Di gereja, unsur Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, seperti perawat, akan hadir untuk melakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah ibadah. Selain penyemprotan disinfektan, perawat akan ukur suhu tubuh umat sebelum masuk gereja.

Umat yang memiliki suhu tubuh 34, kita minta tidak masuk di dalam gereja. Yang bersangkutan bisa ikut ibadah dari luar. Kalau suhu tubuh di atas 37, kita minta pulang dan tidak mengikuti ibadah”, tandas salah satu kepala bidang pada Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka.

Di hadapan para pejabat yang hadir, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malaka Donatus Bere menjelaskan, penerapan protokol kesehatan Covid-19 sudah diimbaukan kepada masyarakat Kabupaten Malaka sejak awal pandemi ini.

Imbauan itu disampaikan melalui siaran keliling menggunakan mobil Diskominfo, ambulance Dinkes dan Puskesmas, dan mimbar gereja.

Di desa-desa ada pengadaan masker bagi masyarakat menggunakan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Di tempat-tempat umum seperti pasar juga ada tempat cuci tangan”, kata Sekda Donatus.

Baca Juga:  Maju Pilkada Malaka 2020, Emanuel Makaraek-Petrus Bere Bertemu Keluarga di Naimana

Kadis Kominfo Kabupaten Malaka Brynsina Elfrida Klau bersedia menggunakan mobil Diskominfo melakukan siaran keliling. Siaran ini dimaksudkan sebagai imbauan bagi masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 saat ibadah Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar