oleh

Plt. Kapolres Malaka Pimpin Langsung Tertib Lalin di Kota Betun

BETUN, TIMORline.com-Pelaksana Tugas (Plt) Kapolres Malaka AKBP Rishian Krisna Budhiaswanto memimpin langsung penertiban berlalulintas (lalin) di Kota Betun, ibukota Kabupaten Malaka, Senin (20/12/2020) sore.

Selain Plt. Kapolres Krisna, tampak juga Kasat Lantas Polres Malaka AKP I Ngakan Putu Artha. Bersama anggota Lantas Polres Malaka lainnya, Plt. Kapolres Krisna dan Kasat Lantas Ngakan mengendalikan semua kendaraan roda dua yang melintas di pusat kota ini.

Beberapa anggota juga melakukan penertiban serupa di beberapa titik. Antara lain di pertigaan Umakatahan, pertokoan Bei Abuk dan perempatan Polsek Malaka Tengah.

Terpantau, Plt. Kapolres Krisna dan Kasat Ngakan menghentikan setiap sepeda motor yang pengendaranya tidak menggunakan helm.

Selanjutnya, para pengendara itu diingatkan untuk menggunakan helm saat bepergian. Bagi pengendara atau penumpang yang tidak menggunakan helm diminta pulang ke rumah untuk ambil helm baru bisa meneruskan perjalanan.

Kepada dua ibu yang melintas di perempatan lapangan umum Betun dan Kantor Kecamatan Malaka Tengah, salah satu anggota Polisi Lalulintas (Polantas) mengingatkan, kalau bepergian menggunakan sepeda motor harus pakai helm.

Sebab, kepala itu tidak jual di toko. “Helm jual di toko tapi kepala tidak ada di toko”, kata anggota Polantas ini. Peringatan Polantas ini hanya direspon kedua ibu ini dengan tertawa kecil.

Plt. Kapolres Malaka AKBP Rishian Krisna Budhiaswanto saat mengendalikan kendaraan yang melintas di perempatan Lapangan Umum Betun dan Kantor Kecamatan Malaka Tengah, Senin (20/12/2020) sore. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Tidak hanya pengendara. Para penumpang sepeda motor juga mendapat peringatan serupa. Sedangkan anak-anak yang ingin menyeberang jalan, pak polisi bantu seberangkan.

Kasat Lantas Polres Malaka AKP I Ngakan Putu Artha di dekat Panggung Lapangan Umum Betun mengatakan, ketertiban dan disiplin berlalulintas di pusat Kota Betun sedikit tak terkendali selama kampanye Pilkada Malaka.

Setelah kampanye dan pelaksanaan Pilkada, kata Kasat Ngakan, pihaknya melakukan penertiban lagi. “Memasuki Hari Raya Natal, kita tertibkan kembali suasana berlalulintas di kota Betun”, katanya.

Baca Juga:  Terima Dana BLT-DD, Tokoh Masyarakat Desa Terpencil di Perbatasan Timor Berterimakasih kepada Presiden RI

Plt. Kapolres Malaka AKBP Rishian Krisna Budhiaswanto saat ditemui TIMORline.com di depan Bengkel Auto2000, menjelaskan, penertiban yang dilakukan ini untuk mendisiplinkan warga yang mengendarai kendaraan di jalan umum.

“Kita minta warga yang mengendarai kendaraan di jalanan harus memakai helm. Kita ingatkan saja untuk pakai helm”, kata Plt. Kapolres Krisna.

Selain tertib berlalulintas, menurut Plt. Kapolres Krisna, pihaknya ingin memberi rasa nyaman bagi umat Kristen yang sedang mempersiapkan diri merayakan Hari Natal dan Tahun Baru.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar