oleh

SD Setia Bhakti, Calon Sekolah Adiwiyata Tangerang 2020

TANGERANG, TIMORline.com-SD Swasta Setia Bhakti sebagai salah satu lembaga pendidikan swasta beralamat di Jl. Kisamaun No 171 menjadi calon sekolah Adiwiyata wilayah Kota Tangerang 2020.

Penetapan sekolah Adiwiyata itu tertuang dalam surat penetapan Kepala Dinas Pendidikan Tangerang, Hj. Masyati Yulia, SH.MAP, belum lama ini.

Sesuai keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, ada 100 sekolah (sekolah negeri dan swasta) menjadi calon sekolah Adiwiyata. Salah satu sekolah itu adalah SD Setia Bhakti yang didirikan Yayasan Sosial Keagamaan, Boen Tek Bio (BTB).

Sedangkan Adiwiyata merupakan program Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Program ini bertujuan mendorong terciptanya pengetahuan serta kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup.

Sekolah-sekolah yang menjadi calon Adiwiyata itu selanjutnya akan mendapat pembinaan dari Dinas Pendidikan dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang.

Suasana rapat Pembina Sekolah Adiwiyata Mustaqin dan Kepala SD Setia Bhakti Tangerang R. Ane Adriani bersama para guru. (Foto: Konrad R. Mangu/Timorline.com).

Mustaqin, seorang Pembina Sekolah Adiwiyata dalam kegiatan kunjungan ke SD Setia Bhakti, Rabu (03/12/2020) mengatakan, pelaksanaan program Adiwiyata tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan Akreditasi di sekolah pada umumnya. Pelaksanaan kegiatan ini untuk mendapatkan penilaian pada Janarai 2021 yang akan datang.

Mustaqin menegaskan, pihak dinas sudah menetapkan 100 sekolah Adiwiyata. Namun, ada sekolah yang belum menyatakan kesiapan untuk menghadapi program akreditasi dengan alasan kondisi pandemic Covid-19.

Di hadapan para guru SD, Mustaqin menjelaskan, pelaksanaan Program Adiwiyata diminta untuk membentuk panitia. Selanjutnya, panitia melakukan berbagai kegiatan mendukung Adiwiyata.

Setelah pembinaan tersebut, Mustaqin memonitoring lokasi seperti kantin sekolah, kondisi kebersihan, taman, kebun sekolah dan sebagainya. Da meminta semua guru dan karyawan mendukung Program Adiwiyata agar program ini terlaksana dengan baik.

Kepala SD Setia Bhakti, R. Ane Adriani, SPd mengatakan, saat ini sedang dilakukan persiapan menata tanaman, memantau kebersihan lingkungan dan melengkapi fasilitas sekitar sekolah.

Baca Juga:  Diduga, Ada Intervensi Oknum Tak Bertanggungjawab Atas Pengalihan Kasus Penganiayaan Wartawan di Malaka

“Program ini membutuhkan kerjasama, tidak hanya guru tapi semua pihak, guru, orangtua dan seluruh warga sekolah,’’ demikian Adriani.

Penulis: Konrad R. Mangu
Editor: Cyriakus Kiik

Komentar