oleh

Kantor Polisi Sub Sektor Io Kufeu-Malaka mulai Dibangun

TAKAR, TIMORline.com-Kantor Kepolisian Sub Sektor Io Kufeu yang berada di bawah wilayah Kepolisian Sektor (Polsek) Sasitamean Polres Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai dibangun.

Pembangunan Kantor Pol Sub Sektor Io Kufeu ini ditandai dengan peletakkan batu pertama yang dilakukan Camat Io Kufeu Laurensius Seran, Sabtu (28/11/2020).

Hadir pada kesempatan itu Kapolsek Sasitamean Iptu Cornelis Yanto Pano, Kepala Kepolisian (Ka Pol) Sub Sektor Io Kufeu Aipda Fransiskus Bai, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda setempat.

Camat Io Kufeu Laurensius Seran sangat mengapresiasi kehadiran Kantor Pol Sub Sektor Io Kufeu di wilayah itu.

“Selama ini kalau ada masalah apa-apa langsung ke Polsek Sasitamean. Tetapi, dengan hadirnya Sub Sektor Io Kufeu, pelayanan hukum bagi masyarakat di sini sudah dekat, tidak harus jalan jauh-jauh”, kata Camat Laurens.

Camat Laurens menjelaskan, kehadiran Kantor Polisi di wilayahnya tidak dimaksudkan untuk menakut-nakuti masyarakat. Sebaliknya, justru untuk mendekatkan pelayanan negara bagi masyarakat.

Lebih jauh lulusan Universitas Hasanuddin Makassar itu meminta masyarakat setempat untuk mendukung penuh kehadiran Kantor Pol Sub Sektor Io Kufeu. Dukungan itu tidak dalam bentuk uang dan barang. Tetapi, masyarakat harus hidup tertib, disiplin dan taat hukum.

Untuk pembangunan kantor ini, Camat Laurens melibatkan masyarakat tujuh desa di wilayah ini, termasuk para pengusaha lokal. Bahkan, saat peletakkan baru pertama, tadi siang, pengusaha lokal setempat menyumbangkan batu dan pasir masing-masing tiga reit.

Lokasi pembangunan kantor polisi ini merupakan lahan milik Polri. Luasnya tiga hektar dan masih satu area dengan Kantor Kecamatan Io Kufeu. Letaknya pun hanya beberapa meter dari Kantor Kecamatan Io Kufeu.

Baca Juga:  Kondisi Korban Percobaan Pembunuhan di Laenmanen-Malaka semakin Membaik

Lahannya sendiri sudah diserahkan masyarakat kepada Polri melalui Polres Belu kepada Wakil Kapolda NTT pada 2016.

Bersama masyarakat setempat, Camat Laurens yakin, kantor polisi tersebut sudah selesai dikerjakan pada akhir Desember 2020 ini.

Kapolsek Sasitamean Iptu Cornelis Yanto Pano berterimakasih kepada Camat Io Kufeu dan masyarakat setempat yang secara swadaya membangun Kantor Sub Sektor Io Kufeu.

Bagi Kapolsek Yanto, semangat swadaya masyarakat setempat merupakan dukungan nyata masyarakat terhadap tugas-tugas pelayanan hukum kepolisian.

“Polisi itu pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat”, kata Kapolsek Yanto.

Saat ini, sebagai Ka Pol Sub Sektor Io Kufeu adalah Aipda Fransiskus Bai. Dia pernah bertugas di Polres Belu 20 tahun. Sejak setahun yang lalu dia bertugas di Polres Malaka.

Untuk pelayanan hukum masyarakat di Kantor Pol Sub Sektor Io Kufeu, Aipda Frans dibantu empat anggota.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar