oleh

Perintah Gubernur NTT: PNS Tidak Boleh Netral, Pilihlah Calon Bupati Terbaik

BETUN, TIMORline.com-Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menegaskan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak boleh netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Yang netral adalah Polri dan TNI”, tandas Gubernur Viktor di area tambak garam Desa Rabasa Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (14/11/2020).

Kedatangan Gubernur Viktor di desa itu untuk melakukan panen perdana garam industri hasil tambang PT Inti Daya Kencana atau IDK.

Menurut Gubernur Viktor, apa yang disampaikannya merupakan perintahnya selaku Gubernur NTT. Sehingga, tidak benar omongan orang lain kalau PNS netral dalam Pilkada.

Yang benar, kata mantan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar dan Partai NasDem ini, PNS tidak netral dalam Pilkada. Sebab, PNS ikut memilih.

“Kalau orang bilang PNS itu netral, itu salah bahasanya. Silahkan di tempat lain begitu. Tapi, di Indonesia dan NTT, PNS punya hak pilih. Karena punya hak pilih, PNS tidak boleh netral. Ini perintah gubernur. “, katanya.

Lebih jauh Gubernur Viktor menjelaskan, oleh karena ikut memilih, PNS tidak boleh aktif tapi pasif. Tidak boleh ikut ke sana sini.

“Diam beku di tempat sambil mengamati, melihat yang terbaik. Pada saat masuk di kamar, baru hemmmm…. taruh di situ. Pilih yang terbaik”, tandas Gubernur Viktor disambut tepuk tangan meriah hadirin.

Gubernur besutan Partai NasDem itu mengatakan kalau dia tidak sedang berkampanye. Tetapi, perintahnya adalah memilih calon bupati yang terbaik untuk membangun Kabupaten Malaka.

Gubernur Viktor kemudian bertanya kepada hadirin, berapa calon bupati di Malaka? Mendapat pertanyaan itu, hadirin menjawab serentak, “Duaaaa”.

“Dua atau lima”, tanya Gubernur Viktor menelisik. Sekali lagi hadirin menjawab serentak, “Duaaaa”.

Atas jawaban itu, Gubernur Viktor berpesan bagi hadirin dan masyarakat Kabupaten Malaka pada umumnya untuk memilih calon bupati yang terbaik.

Saat melihat ada hadirin yang mencoba mengacungkan jari sebagai tanda pilihan mereka untuk calon tertentu, Gubernur Viktor mengingatkan supaya jangan angkat jari. Sebab, dia tidak sedang kampanye.

“Saya di sini tidak kampanye. Saya tidak katakan pilih satu atau dua tapi pilihlah calon yang terbaik untuk membangun Kabupaten Malaka”, demikian Gubernur Viktor.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar