oleh

Tujuh Sekolah Juara Lomba STBM-MKM di Kabupaten Malaka

Koordinator Perwakilan Yayasan Pijar Timur Indonesia Kabupaten Malaka Wilfridus Manehat saat briefing dengan Tim Juri Lomba STBM-MKM di kantor tersebut, Rabu (30/09/2020). (Foto: Istimewa). 

BETUN, TIMORline.com-Sedikitnya tujuh sekolah keluar sebagai juara lomba Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Manajemen Kesehatan Menstruasi (STBM-MKM) di Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketujuh sekolah itu adalah SMPN Satu Atap Baunakan di Desa Tunabesi Kecamatan Io Kufeu, SMPN 2 Malaka Tengah di Desa Manulea Kecamatan Sasitamean, SDK Weoe 2 di Desa Weoe Kecamatan Wewiku, SDI Lorobauna di Desa Weoe Kecamatan Wewiku, SDI Uma Kota di Desa Lakekun Kecamatan Kobalima dan SDK Seon di Desa Wemeda Kecamatan Malaka Timur.

Lomba ini diselenggarakan Yayasan Pijar Timur Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Plan Internasional Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Malaka.

Ada pun jenis kegiatan yang dilombakan, yakni Lomba Video, Baca Puisi, Poster dan Menulis. Lomba ini berthema: STBM-MKM.

Lomba ini dilakukan secara virtual. Sehingga, para peserta hanya mengirimkan karyanya ke panitia melalui WhatsApp.

Suasana seleksi dan penilaian tim juri terhadap hasil karya peserta Lomba STBM-MKM di Kantor Perwakilan Yayasan Pijar Timur Indonesia Kabupaten Malaka, Rabu (30/09/2020). (Foto: Istimewa).

Setelah dilakukan seleksi dan penilaian, Tim Juri pada Rabu (30/09/2020), memutuskan, tujuh dari 72 peserta dari enam sekolah dinyatakan keluar sebagai juara.

Untuk Lomba Video, yang keluar sebagai Juara I adalah SMPN Satu Atap Baunakan di Desa Tunabesi Kecamatan Io Kufeu dengan sekor 749, sedangkan Juara II adalah SDK Weoe 2 di Desa Weoe Kecamatan Wewiku dengan Skor 713 atas nama Junario Edwar Tahu.

Untuk Lomba Puisi, keluar sebagai Juara I adalah SMPN 2 Malaka Tengah di Desa Manulea Kecamatan Sasitamean dengan skor 655 atas nama Mensiana Mendonca. Sedangkan Juara II adalah SDI Lorobauna di Desa Weoe Kecamatan Wewiku dengan skor 709 atas nama Maria Arniani Bano dan Bernadetha Anastasia Anggi Nahak

Lomba Poster dijuarai SDI Umakota di Desa Lakekun Kecamatan Kobalima dengan skor 637 atas nama Metkianus Dasilva

Sedangkan juara Lomba Menulis disabet SDK Seon di Desa Wemeda Kecamatan Malaka Timur dengan skor 670 atas nama Rut Sofia Bela Mude

Koordinator Perwakilan Yayasan Pijar Timur Indonesia Wilfridus Manehat yang ditemui di kantornya, Kamis (01/10/2020) sore, mengatakan, kegiatan lomba tersebut diselenggarakan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan pengalaman praktis anak-anak di sekolah tentang sanitasi dan kesehatan menstruasi.

“Sekolah-sekolah peserta adalah sekolah-sekolah yang selama ini menjadi sekolah dampingan Yayasan Pijar Timur. Sejak dini kita memperkenalkan STBM dengan Lima Pilar-nya. Kita harap kesehatan menstruasi anak-anak perempuan diperhatikan saat berada di sekolah”, kata Wilfridus.

Tim Juri Lomba sendiri terdiri dari Anton Bere Malik dari Badan Perencanaan Pembangunan Pengembangan dan Penelitian Daerah (BP4D) Kabupaten Malaka, Agustinus Metom dari Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (PKPO) Kabupaten Malaka, Yanti Handayani dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka dan Cyriakus Kiik dari media online TIMORline.com.

Saat ini, di Kabupaten Malaka terdapat 18 sekolah yang menjadi sasaran pendampingan Yayasan Pijar Timur Indonesia, terdiri dari 12 SD pilot, 3 SMP pilot dan 3 SD replikasi.

Atas kerjasama dengan Yayasan Plan Internasional Indonesia dan Pemkab Malaka, Yayasan Pijar Timur Indonesia melakukan pendampingan terhadap 18 sekolah tersebut di bidang kesehatan.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

 

 

 

Komentar