oleh

Paslon Pilkada Malaka 2020 Tandatangan Pakta Integritas dan Deklarasi Kampanye Damai

BETUN, TIMORline.com-Dua Pasangan Calon (Paslon) Peserta Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malaka Tahun 2020 menandatangani Pakta Integritas Pencegahan dan Pengendalian Protokol Kesehatan Covid-19 dan Deklarasi Kampanye Damai di Kantor KPU Kabupaten Malaka, Betun, Jumat (25/09/2020).

Dalam Pakta Integritas tersebut, Paslon Peserta Pilkada Malaka Tahun 2020, menyatakan:
1. Mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 pada setiap tahapan pemilihan sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020 yang telah diubah dengan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020 dan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh instansi yang berwenang.
2. Mengutamakan kesehatan dan keselamatan para pihak dan pemangku kepentingan dalam pelaksanaan seluruh tahapan pemilihan Tahun 2020.
3. Menerima sanksi sesuai dengan Peraturan yang berlaku apabila melanggar peraturan mengenai protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Penandatanganan Pakta Integritas tersebut dirangkaikan dengan Deklarasi Kampanye Damai. Dalam Deklarasi Kampanye Damai tersebut, kedua Paslon Peserta Pilkada Malaka Tahun 2020 berjanji untuk :
1. Mewujudkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malaka Tahun 2020 yang ikut mensosialisasikan kepada masyarakat dan menerapkan protokol kesehatan, pencegahan serta pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
2. Mewujudkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malaka Tahun 2020 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.
3. Melaksanakan kampanye Pemilu yang aman, tertib, damai berintegritas, tanpa hoax, politisasi SARA, dan politik uang.
4. Melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pakta Integritas dan Deklarasi Kampanye Damai tersebut ditandatangani dua Paslon, yakni Paslon Nomor Urut 1 Dr Simon Nahak, SH, MH-Louise Lucky Taolin, SSos dan Paslon Nomor Urut 2 dr Stefanus Bria Seran, MPH-Wendelinus Taolin.

Deklarasi Kampanye Damai dan Pakta Integritas tersebut dilakukan dalam Rapat Terbuka KPU Kabupaten Malaka yang dipimpin Ketua KPU Kabupaten Malaka Makarius Bere Nahak.

Makarius didampingi empat komisioner KPU Malaka lainnya. Hadir pula Ketua KPU Propinsi NTT Thomas Dohu.

Setelah Deklarasi Kampanye Damai dan Penandatanganan Pakta Integritas ini, kedua Paslon terhitung 26 September 2020 sampai dengan 5 Desember 2020 melakukan kampanye.

“Kampanyenya selama 71 hari”, tandas Ketua KPU Malaka Makarius Bere Nahak dalam pidato demokrasinya.

Selain Ketua KPU Propinsi NTT, hadir pula Ketua Bawaslu Malaka Petrus Nahak Manek dan para komisioner.

Hadir pula Kapolres Malaka AKBP Albert Neno. Dia memimpin langsung anggota melakukan pengamanan terhadap jalannya Deklarasi Kampanye Damai dan Penandatanganan Pakta Integritas Paslon.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

 

 

 

Komentar