oleh

Besok, Penarikan Nomor Urut Pasangan Calon Peserta Pilkada Malaka 2020

Ketua KPU Malaka Makarius Bere Nahak (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

BETUN, TIMORline.com-Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memastikan pasangan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Malaka Tahun 2020 melakukan penarikan Nomor Urut pada Kamis (24/09/2020) besok.

Kepastian itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka Makarius Bere Nahak kepada media di Betun, ibukota Kabupaten Malaka, Rabu (23/09/2020) siang.

Makarius menjelaskan, penarikan nomor urut tersebut akan dihadiri langsung pasangan calon peserta Pilkada Kabupaten Malaka Tahun 2020.

“Para pasangan calon itu kita undang secara resmi. Sebab, para pasangan calon itulah yang akan langsung melakukan penarikan nomor urut, tidak bisa diwakilkan kepada orang lain”, kata Makarius.

Selain pasangan calon, menurut Makarius, hadir pula tim kampanye masing-masing calon, tim penghuhung masing-masing calon dan komisioner Bawaslu Kabupaten Malaka.

Undangan lainnya adalah tokoh masyarakat dan media massa.

Secara teknis, kata Makarius, undangan yang menghadiri penarikan nomor urut terdiri dari dua pasangan calon, dua tim kampanye, dua tim penghubung dan dua komisioner Bawaslu.

“Dengan demikian, undangan yang menghadiri penarikan nomor urut sebanyak 12 orang. Ini sesuai dengan Pasal 70 ayat (2) Peraturan KPU No. 10 Tahun 2020 Tentang Pencalonan. Nantinya undangan ditambah dengan tokoh masyarakat dan media massa”, kata Makarius.

Suasana Rapat Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malaka Tahun 2020 di Kantor KPU Malaka, Rabu (23/09/2020) siang. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat penarikan nomor urut, Makarius bilang, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Polres Malaka.

Sehingga, nantinya saat penarikan nomor urut, anggota Polres Malaka akan dikonsentrasikan di Kantor KPU Malaka dan sekitarnya.

“Penjagaan diperketat karena masing-masing pasangan calon pasti bawa massa pendukung masing-masing”, tandas Makarius.

Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malaka Tahun 2020 terdiri dari dua pasangan calon, yakni pasangan calon dr Stefanus Bria Seran, MPH-Wendelinus Taolin yang dikenal dengan nama perjuangan politik SBS-WT dan pasangan calon Dr Simon Nahak, SH, MH-Louise Lucky Taolin, SSos yang menggunakan nama perjuangan politik SN-KT.

Kedua pasangan calon ini sudah ditetapkan KPU Malaka sebagai peserta Pilkada Malaka 2020 pada Rabu, 23 September 2020, tadi siang.

Juru Bicara KPU Malaka Yosef Nahak. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Juru Bicara KPU Malaka Yosef Nahak menjelaskan, kedua pasangan calon ini ditetapkan KPU Malaka setelah melalui seleksi syarat pencalonan dan syarat calon yang ketat sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Khusus syarat calon, menurut Yosef, pihaknya sempat kembalikan kepada pasangan calon. Setelah dilengkapi, dokumen dimaksud diverifikasi dan dinyatakan sah dan memenuhi syarat.

“Dokumen itu mengenai pencegahan dan penanganan Covid-19. Ini harus dimuat dalam visi, misi dan program kerja pasangan calon sesuai Peraturan KPU No. 10 Tahun 2020”, demikian Yosef.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

 

Komentar