oleh

Bupati Malaka Resmikan Gedung IGD RSUPP Betun

BETUN, TIMORline.com-Bupati Malaka Stefanus Bria Seran meresmikan Gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Penyanggah Perbatasan (RSUPP) Betun, Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (22/09/2020).

Peresmian ini ditandai dengan penandatangan prasasti dilanjutkan dengan pengguntingan pita di pintu masuk utama gedung tersebut.

Saat pengguntingan pita, Bupati Stefanus didampingi Sekretaris Kabupaten Malaka Donatus Bere, Direktris RSUPP Betun dr Oktelin Kaswadie dan para pejabat lainnya.

Bupati mantan Kadis Kesehatan Propinsi NTT ini kemudian bersama dr Oktelin dan Sekretaris Kabupaten Malaka Donatus melakukan peninjauan ke semua ruangan baik ruangan-ruangan umum maupun khusus.

Bupati Malaka Stefanus Bria Seran dalam sambutannya mengatakan, bicara kesehatan itu bicara manusia dan kehidupan.

Baginya, yang paling berat diurus di dunka adalah orang sehat karena mereka harus dipertahankan dan mempertahankan diri untuk tetap sehat.

Sedangkan mengurus orang sakit mudah sekali. Tetapi, untuk mengurus orang sakit harus ada intervensi ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Karena itu, mengurus orang sakit butuh investasi. Perlu ada infrastruktur sumber daya manusia (SDM), bahan-peralatan dan bahan perbekalan’, katanya.

Menurut Bupati Stefanus, pelayanan kesehatan butuh gedung. Tetapi, gedung rumah sakit harus berbeda dengan gedung kantor.

“Gedung rumah sakit itu digunakan orang-orang khusus. Oleh anak, orang dewasa dan orangtua”, tandas Bupati Stefanus.

Kepada Direktris RSUPP Betun dr Oktelin Kaswadie dan seluruh jajarannya, Bupati Stefanus berharap bisa menggunakan era ini dengan baik karena era ini adalah era emas. Sebab, dirinya selaku Bupati Malaka bersama DPRD Malaka sangat mendukung pelayanan rumah sakit ini.

Karena itu, Bupati Stefanus bersama DPRD Malaka akan berjuang habis-habisan untuk mendukung kehadiran dan pelayanan RSUPP Betun.

Direktris RSUPP Betun dr Oktelin Kaswadie mengatakan, Gedung IGD ini dibangun menggunakan anggaran sebesar Rp14 miliar tahun anggaran 2019.

Menurut Oktelin, pengerjaan gedung ini nyaris gagal. Sebab, beberapa hal dasar yang dibutuhkan untuk pembangunan gedung ini tidak ada.

Tetapi, dukungan dan komitmen Bupati Malaka Stefanus Bria Seran luar biasa untuk pembangunan gedung ini. Sehingga, komunikasi baik Bupati Malaka dengan Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes akhirnya gedung ini bisa diresmikan hari ini.

Menurut Oktelin, RSUPP Betun berbeda dengan rumah sakit lainnya di NTT, paling tidak di wilayah perbatasan. Sebab, RSUPP Betun saat ini berakreditasi bintang lima.

“Kita harap pemerintah daerah dan DPRD bersama-sama dengan kami berjuang bersama memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Malaka”, demikian Oktelin.

Untuk menghadiri acara ini,  Bupati Stefanus disambut secara adat berupa hase hawaka dan tarian likurai.

Acara peresmian ini diwarnai dengan door prize yang diikuti para undangan dan wartawan yang hadir.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

 

Komentar