oleh

Bupati Malaka Serahkan Izin Operasional Sembilan Unit Sekolah Baru

Bupati Malaka Stefanus Bria Seran  memberikan ucapan selamat kepada perwakilan penerima Izin Operasional sembilan unit sekolah baru satu demi satu  dengan cara menyentuhkan siku tangan. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

BETUN, TIMORline.com-Bupati Malaka Stefanus Bria Seran menyerahkan Izin Operasional sembilan unit sekolah baru di Kabupaten Malaka, Senin (21/09/2020).

Penyerahan izin tersebut berlangsung di Aula Kantor Bupati Malaka dan diterima perwakilan sekolah masing-masing.

Bupati Malaka Stefanus Bria Seran dan Ketua DPRD Malaka Adrianus Bria Seran pose bersama para pejabat seusai penyerahan Izin Operasional sembilan unit sekolah baru di Kabupaten Malaka. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Sembilan sekolah itu terdiri dari satu sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri, satu Sekolah Dasar (SD) Negeri, dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta dan lima SMP Negeri.

Ke-9 sekolah tersebut adalah TK Negeri Kuntum Tamiru Umatoos di Kecamatan Malaka Barat, SD Negeri Klisuk Lor di Wewiku,
SMP Swasta 17 Agustus Webalu di Kecamatan Wewiku, SMPK St. Isidorus 2 Sikun di Kecamatan Malaka Barat, SMP Negeri Tafatik Liurai Builaran di Kecamatan Sasitamean, SMPN Babotin di Kecamatan Botin Leobele, SMPN Barada di Kecamatan Malaka Tengah, SMPN Numponi di Kecamatan Malaka Timur dan SMPN Saenama di Kecamatan Rinhat.

Bupati Malaka Stefanus Bria Seran dalam sambutannya menjelaskan, pendirian sebuah sekolah baik negeri maupun swasta harus memenuhi empat syarat, yakni ada izin, bangunan, murid dan guru.

Bupati Malaka Stefanus Bria Seran saat memberikan sambutan di hadapan perwakilan penerima Izin Operasional sembilan unit sekolah baru di Kabupaten Malaka. Duduk: Ketua DPRD Malaka Adrianus Bria Seran. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Karena itu, sebelum Izin Operasional dikeluarkan pemerintah, harus dilakukan kajian terlebih dahulu. Baik kajian administratif maupun kajian faktual.

“Untuk memastikan semua syarat itu harus ada supervisi dari dinas. Sehingga, para pengelola tidak mempersalahkan pemerintah”, kata Bupati Stefanus.

Kepada para pengelola sekolah, Bupati Stefanus mengharapkan tidak tinggal diam setelah menerima Izin Operasional sekolah. Sebaliknya, para pengelola sekolah diminta ikut mewartakan ke mana-mana bahwa di wilayah bersangkutan sudah ada sekolah TK, SD atau SMP.

“Proficiat buat bapak ibu perwakilan sekolah yang hari ini hadir menerima Izin Operasional sekolahnya. Kerja baik-baik karena negara kita dan daerah kita membutuhkan sumber daya manusia yang berkuaalitas”, tandas Bupati Stefanus.

Sekretaris Dinas PKPO Yohanes Bria Nahak saat membacakan Surat Keputusan Bupati Malaka tentang Izin Operasional sembilan unit sekolah baru di Kabupaten Malaka. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Penyerahan Izin Operasional kesembilan sekolah ini disaksikan Ketua DPRD Malaka Adrianus Bria Seran, beberapa anggota DPRD Malaka, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Malaka Donatus Bere, para staf ahli bupati dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Hadir pula para kepala desa dan camat asal sekolah penerima Izin Operasional.

Sebelum penyerahan Izin Operasional, terlebih dahulu dibacakan Surat Keputusan Bupati Malaka tentang Izin Operasional masing-masing sekolah oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (PKPO) Kabupaten Malaka Yohanes Bria Nahak.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar