oleh

Kadis Dukcapil Malaka Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19 Bagi Warga

BETUN, TIMORline.com-Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Malaka Ferdynandus Rame melakukan sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19 bagi warga yang mengurus berbagai dokumen kependudukan di kantor yang dipimpinnya itu.

Sosialisasi ini berlangsung di halaman Kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Malaka, Betun, Jumat (18/09/2020).

Kadis Ferdynandus menjelaskan, warga yang mengurus dokumen kependudukan dan dokumen lainnya harus menaati aturan atau protokol kesehatan Covid-19.

Antara lain harus memakai masker, mencuci tangan jaga jarak dan berkerumun dalam jumlah banyak orang.

Untuk cuci tangan, menurut Kadis Ferdynandus, pihak Dukcapil menyiapkan fasilitas cuci tangan berupa ember kotak.

“Ember berisi air di sini”, kata Ferdynandus sambil menunjuk fasilitas cuci tangan yang terletak di hadapannya.

Sedangkan warga diwajibkan memakai masker ketika mulai memasuki halaman Kantor Dukcapil.

“Bagi yang tidak memakai masker, minta maaf, kami suruh pulang”, tandas Ferdynandus.

Kadis mantan Kabag Humas pada Sekretariat Kabupaten (Setkab) Belu ini menambahkan, aturan kesehatan Covid-19 lainnya adalah jaga jarak.

“Jaga jarak itu jaraknya seperti yang bapak mama duduk ini”, katanya.

Bagi warga yang mau berurusan di kantor ini pun diingatkan untuk tidak merokok. Terlihat, warga yang sedang merokok sadar diri dan langsung meninggalkan ruang antrian halaman kantor.

Selain itu, warga diingatkan untuk tidak membuang sampah sembarang. Tetapi, buanglah sampah pada tempat sampah yang tersedia di sekitar kantor.

Terpantau, warga yang duduk antrian di halaman depan kantor ini pada memakai masker. Baik bapak-bapak maupun ibu-ibu. Mereka tertegun mendengar arahan Kadis Ferdynandus.

Sementara aktivitas staf di dalam kantor terus berlangsung.

Beberapa warga sempat menanyakan beberapa hal terkait pengurusan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK). Pertanyaan-pertanyaan itu dijelaskan Kadis Ferdynandus secara detail.

Saat berita ini diturunkan, para staf sedang melayani warga dengan memanggil nama mereka satu per satu melalui pengeras suara.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

 

 

 

Komentar