oleh

Kapolda NTT Minta Polres, KPU dan Bawaslu Malaka Sukseskan Pilkada 2020

BETUN, TIMORline.com-Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif meminta Polres, KPU dan Bawaslu Malaka untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Malaka 9 Desember 2020 mendatang.

Permintaan itu disampaikan Kapolda Latif secara terpisah dalam Tatap Muka dengan seluruh jajaran Polres Malaka di Glory Hall dan pertemuan dengan KPU dan Bawaslu Malaka di Sekretariat KPU Malaka, Rabu (09/09/2020) siang.

Suasana Tatap Muka Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif dengan seluruh jajaran Polres Malaka di Glory Hall Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah di Jln Malaka Raya, Rabu (09/09/2020). (Foto:Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Saat Tatap Muka dengan seluruh jajaran Polres Malaka di Glory Hall, Kapolda Latif mengingatkan, yang namanya Pilkada itu pesta demokrasi rakyat.

Sebagai pesta, siapa pun harus senang dan sama. Tidak boleh ada yang merasa diabaikan.

“Masalah apa pun harus bisa diselesaikan dengan baik. Pilkada harus dikawal dengan baik sehingga sukses. Jangan sampai anggota menjadi penyebab masalah di masyarakat saat Pilkada”, katanya.

Menurut Kapolda Latif, di lingkungan mana saja ada masalah. Tetapi, harus diminimisir.

“Untuk meminimalisir masalah yang timbul, saudara-saudara harus membangun relasi dan komunikasi yang baik dengan masyarakat”, demikian Kapolda Latif.

Tatap muka Kapolda Latif ini diawali dengan laporan Kapolres Malaka AKBP Albert Neno.

Kapolres Albert dalam pemaparannya mengungkapkan kalau Kabupaten Malaka terdiri dari 12 kecamatan dan 127 desa yang dihuni 188.210 jiwa, dengan sembilan Polsek.

Wilayah ini juga berbatasan dengan Kabupaten Belu, Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU) dan negara Timor Leste.

Dari kiri ke kanan: Ketua KPU malaka Makarius Bere Nahak, Kapolda NTT irjen Pol Lotharia Latif dan Kapolres Malaka AKBP Albert Neno. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Terkait Pilkada, Kapolres Albert menjelaskan kalau tahapan Pilkada sudah dilakukan. Tahapan terakhir dan saat ini sedang berlangsung adalah tahapan pendaftaran pada 4-6 September.

Dalam masa pendaftaran ini diketahui ada dua bakal pasangan calon yang mendaftar di KPU Malaka, yakni pasangan calon dr Stefanus Bria Seran, MPH-Wendelinus Taolin dan Dr Simon Nahak, SH, MH-Louise Lucky Taolin, SSos.

Bakal pasangan calon dr Stefanus Bria Seran, MPH-Wendelinus Taolin diusung Partai Golkar, NasDem, Demokrat, Hanura, Gerindra dan PDI perjuangan.

Sedangkan bakal pasangan calon Dr Simon Nahak, SH, MH-Louise Lucky Taolin, SSos diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Selain itu, Kapolres Albert menjelaskan berbagai kerawanan di Kabupaten Malaka. Baik kerawanan bencana, sosial, politik, kriminalitas maupun terorisme.

Seusai Tatap Muka dengan jajaran Polres Malaka, Kapolda Latif didampingi Kapolres Albert sempat menyambangi para komisioner KPU dan Bawaslu Malaka di Sekretariat KPU Malaka di bilangan Jln Malaka Raya.

Kapolda NTT irjen Pol Lotharia Latif, Kapolres Malaka AKBP Albert Neno, Sekkab Malaka Donatus Bere pose bersama Ketua KPU Malaka Makarius Bere Nahak dan komisioner Bawaslu Malaka. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Kepada KPU dan Bawaslu Malaka, Kapolda Latif mengharapkan adanya kerjasama baik dengan berbagai pihak termasuk kepolisian di Kabupaten Malaka untuk menyukseskan Pilkada Malaka.

Tampak, dari pihak KPU Malaka hadir Ketua KPU Malaka Makarius Bere Nahak dan Sekretaris-nya Yustinus Nahak. Sedangkan dari Bawaslu Malaka hadir Nadap Betty, salah satu komisioner.

Hadir pula Sekretaris Kabupaten Malaka Donatus Bere, Asisten II Silvester Letto dan Asisten III Yoseph Parera.

Ketua KPU Malaka Makarius Bere Nahak seusai pertemuan dengan Kapolda Latif kepada media sangat mengapresiasi kunjungan Kapolda Latif.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar