oleh

Stella Maris BSD Tangerang Selatan Menuju Anak Berkarakter

LEMBAGA pendidikan Stella Maris Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan Propinsi Banten terus berkomitmen mengupayakan proses pendidikan yang optimal sehingga dapat mengantar anak menuju cita cita anak berkarakter baik.

“Program Penguatan Karakter (PPK) yang digaungkan pemerintah melalui Dinas Pendidikan Nasional (Diknas), Stella Maris melakukannya melalui wadah kegiatan Pramuka di sekolah,’’ jelas Dra. Uning Anastasia Widyastuti, selaku Head of School Stella Maris BSD, Senin (07/09/2020).

Selama ini pelaksanaan kegiatan Pramuka dilakukan secara aktif mulai dari tingkat SD, SMP sampai dengan SMA. Sesuai dengan pembentukan Gugus Depan (Gudep) Stella Maris pada awal Agustus lalu, meskipun di tengah Pandemi Covid-19, lembaga ini tetap melakukan kegiatan Pramuka secara virtual dari tngkat SD sampai dengan SMA.

Kendati sekolah berbasis Katolik, setiap Jumat pertama dalam bulan tetap dilakukan kegiatan untuk PPK. Bagi seluruh siswa beragama Katolik mengikuti misa atau Ekaristi Kudus, sementara peserta didik yang lain mengikuti pembinaan.

Siswa-siswi muslim mengikuti pembinaan diberikan tokoh agama (ustad), siswa beragama Kristen Protestan mengikuti pembinaan karakter dari pendeta, juga dari agama lain seperti Budha dan Hindu. Mereka mengikuti pembinaan sesuai dengan tokoh agamanya masing-masing.

Senada dengan hal itu Lanny Maria, Staf Pengembangan Kurikulum Stella Maris mengemukakan, sekolahnya selalu mengedepankan karakter anak.

Menurutnya, anak didik yang mendapat pelayanan pendidikan di Stella Maris tidak hanya pintar secara akademik tapi yang diharapkan memiliki karakter positif.

Sesuai tagline sekolah yang menghidupi 14 karakter positif “School of Feature Enterpreneurship” sehingga menjadi usahawan yang bisa menjadi kebanggaan para orangtua dan masyarakat.
Karena itu, lembaga ini juga dalam merekrut guru tidak hanya pintar secara akademik tapi memiliki karakter positif sehingga menularkan ‘virus’ positif kepada peserta didik.

“Karakter guru yang diharapkan itu seperti kerjasama, kerjakeras, jujur, setia, belaskasih dan tekun dalam pelayanan”, kata Lanny.

Ditambahkan, skill seseorang bisa dilatih, dipelajari tapi kalau pembentukan karakter butuh keseriusan dan komitmen sehingga kelak anak-anak yang belajar di Stella Maris menjadi kebanggan orang tua guru dan masyarakat.

Penulis: Konradus R. Mangu (Jakarta)
Editor: Cyriakus Kiik

 

Komentar