oleh

Ambulans Motor Jadi Ikon Prestasi Pancasila

LARANTUKA, TIMORline.com-Program Ambulans Motor yang dikembangkan Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) di Kabupaten Flores Timur Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ditetapkan Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) sebagai salah satu inovasi terbaik kategori Social Enterpreneur dan meraih apresiasi sebagai Ikon Prestasi Pancasila 2020.

Selain Ambulans motor, terdapat juga 74 inovasi dari berbagai daerah di Nusantara yang turut ditetapkan sebagai Ikon Prestasi Pancasila.

Apresiasi ini diberikan berdasarkan beberapa kategori, yakni bidang olahraga, seni budaya dan bidang kreatif, social entrepreneur, sains dan inovasi, serta kategori tokoh dan komunitas penggerak lintas iman.

Penetapan Insiatif Ambulans Motor sebagai Ikon Prestasi Pancasila bersama 74 inisiatif lainnya ini tertuang dalam Keputusan BPIP Nomor 76 Tahun 2020 yang ditandatangani Kepala BPIP Yudian Wahyudi tertanggal 12 Agustus 2020.

“Kami sendiri tidak tahu, siapa yang mendaftarkan inisiatif Ambulans Motor yang dikembangkan YKS sejak pertengahan 2002 atau 18 tahun lalu ini untuk ikut serta dalam ajang seleksi Apresiasi Ikon Prestasi Pancasila kali ini. Yang jelas, kami diberitahukan bahwa kami masuk sebagai salah satu ikon Prestasi Pancasila BPIP, “ jelas Mansetus Balawala, salah seorang Pengurus YKS kepada TIMORline.com, Minggu (06/09/2020) siang.

Dia  mengaku, saat mendapatkan pemberitahuan itu dirinya sedang berada di kampung halaman.

Mansetus Balawala dan trophy Ikon Prestasi Pancasila. (Foto: Istimewa).

Balawala menjelaskan, setelah dirinya mengecek informasi lebih lanjut, ternyata BPIP memiliki kriteria penilaian tersendiri. Secara diam diam mereka mengamati apa yang dilakukan, selain mencari tahu informasi tentang program Ambulans Motor dari berbagai referensi, baik melalui media sosial maupun jaringan mereka yang ada di berbagai daerah.

Dikatakan, apresiasi sebagai Ikon Prestasi Pancasila ini secara resmi telah diumumkan dan disiarkan secara virtual melalui TVRI per 29 Agustus lalu dan bisa disaksikan juga melalui chanel yotube BPIP.

Karena itu, sebelumnya para penerima Apresiasi Ikon Prestasi Pancasila diminta membuat video yang berisi tentang kegiatan yang dilakukan dengan durasi sekira tiga menit dan foto sambil memegang plakat dan mengenakan salempang bertuliskan 75 Ikon Prestasi Pancasila 2020 dan dikirim ke panitia untuk kepentingan penayangan di TVRI.

Kendati demikian, lanjut Balawala, dirinya baru mendapatkan kiriman plakat dan salempang seminggu setelah acara pengumuman di TVRI, maka saat itu dia sendiri tidak mengirim foto sebagaimana diminta pihak TVRI.

Dengan ditetapkannya menjadi penerima Apresiasi Ikon Prestasi Pancasila, selanjutnya para penerima akan menjadi mitra BPIP dalam kegiatan pembinaan Pancasila atau aktivitas Pancasila dalam tindakan melalui gotong royong menuju Indonesia maju sesuai bidang masing-masing.

Ambulans Motor sendiri adalah insiatif yang dikembangkan YKS sejak pertengahan t 2002, di Kabupaten Flores Timur. Selama menjalankan program ini, sejumlah apresiasi telah diterima YKS dari berbagai pihak di antaranya Apresiasi dari Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI), Satu Indonesia Award, MDG Award, Serving the Last Mile Award, dan juga sejumlah apresiasi lainnya.

Terhadap apresiasi yang diberikan, Balawala menjelaskan, semua apresiasi yang didapatkan YKS bukan merupakan keberhasilan satu orang saja melainkan semua pihak yang terlibat dalam program, sehingga membuat insiatif ini tetap berkelanjutan sampai dengan saat ini.

“Kami merasa apa yang kami lakukan adalah hal biasa yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun tidak demikian bagi mereka yang di luar sana. Mereka melihat apa yang kami kerjakan memiliki manfaat bagi banyak orang. Hal ini yang mungkin mendorong mereka untuk mengapresiasi kami dengan penghargaan yang kami terima dari berbagai pihak. Tapi, sesungguhnya ini bukan tujuan kami,” demikian Balawala.

Penulis: Mansetus Balawala (Flores Timur)
Editor: Cyriakus Kiik

Komentar