oleh

Anggota DPRD Malaka Merry Kain Reses di Kobalima Timur

-Polkam-175 views

Anggota DPRD Malaka Merry Kain (berdiri) saat dialog dengan masyarakat Desa Alas Utara di halaman rumah adat Suku Ni Ha’a. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com)

BETUN, TIMORline.com-Anggota DPRD Malaka Maria Fatima Seuk Kain dari Fraksi Partai Golkar, Selasa (01/09/2020), melakukan reses di Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Anggota DPRD Malaka Merry Kain duterima secara adat. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com)

Kedatangan Merry, begitu akrabnya Maria Fatima Seuk Kain, diterima secara adat di rumah Suku Ni Ha’a Alas Utara.

Penerimaan itu ditandai dengan penyalungan selendang kepada Merry.

Kepada Merry juga disuguhi sirih pinang. Suguhan ini sebagai ucapan selamat datang sebagaimana tuan rumah biasa kedatangan tamu.

Tampak, Camat Kobalima Timur Wens Leky, Pj. Kepala Desa Alas Utara Antimus Seran, para tetua adat Suku Ni Ha’a, warga Desa Kota Biru dan Alas Utara.

Camat Kobalima Timur Wens Leky dalam arahannya mengharapkan warga yang menghadiri pertemuan reses ini memanfaatkannya secara baik untuk menyampaikan aspirasinya kepada Merry.

“Gunakan waktu yang ada ini sebaik-baiknya. Kita bicara bebas. Jangan takut. Aspirasi kita akan dibawa dalam tahun anggaran 2021”, kata Camat Wens.

Anggota DPRD Malaka Merry Kain (tengah) mendapat suguhan sirih-pinang dari tuan rumah. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Sebelum dialog, Merry meminta masyarakat setempat menyampaikan apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat setempat untuk diperjuangkan di Dewan.

Klemens Berek, misalnya, meminta Merry untuk memperhatikan warga Kobalima Timur khususnya masyarakat Desa Kota Biru dan Alas Utara yang rumahnya perlu direhab.

Sebagai warga Alas Utara, Klemens berharap bantuan rumah rehab dijatahkan pula bagi warga setempat sebagaimana yang diperoleh masyarakat Desa Kota Biru.

Permintaan serupa datang dari Magdalena, salah satu tokoh masyarakat perempuan Alas Utara. Magdalena beralasan, ada sebagian masyarakat Desa Alas Utara yang masih tinggal di kebun.

Masih menurut Klemens. Ada drainase sepanjang jalan sabuk merah perbatasan dari SMP Negeri Kota Biru yang sudah terkikis air.

Suasana pertemuan reses anggota DPRD Malaka Merry Kain dengan warga Kobalima Timur di rumah adat Suku Ni Ha’a Alas Utara. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Selain itu, Klemens berharap adanya pembangunan embung atau upaya lainnya untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga.

Benyamin Suri, Ketua Badan Permusyawraratan Desa (BPD) Alas Utara, meminta Merry memperjuangkan pembangunan sebuah tower di Alas Utara. Sebab, wilayah ini berbatasan langsung dengan negara Timor Leste. Bila terjadi rooming, pulsa warga Desa Alas Utara tersedot habis.

Merespon usulan warga, Merry berkomitmen untuk memperjuangkannya selaku anggota Dewan asal Daerah Pemilihan (Dapil)-1 Kabupaten Malaka yang meliputi Kecamatan Kobalima Timur, Kobalima dan Malaka Tengah.

Tetapi, Merry mengingatkan, soal bantuan pemerintah ke desa ada yang dari pusat dan propinsi.

“Kalau seperti itu berarti urusannya di pusat dan propinsi. Kalau di kabupaten, pasti kami perjuangkan. Kalau tidak masuk di komisi kami, yakni Komisi III, pasti kami titip di komisi lain yang berwewenang. Di Dewan, kami saling koordinasi”, demikian Merry.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

 

 

 

 

Komentar