oleh

Ketua Ikatan Kalaben, Hormes Ulimpa: Terimakasih Bupati Sorong

-Nusantara-180 views

JAKARTA, TIMORline.com-Keputusan Bupati Sorong Jhony Kamuru mencabut Izin Lokasi dan Izin Usaha PT Mega Mustikan Plantation (MMP) mendapat apresiasi dari Ketua Ikatan Kalaben Hormes Kofso Ulimpa, yang juga anak adat Moi.

“Terimakasih banyak kepada Bupati Sorong. Tidak tahu apa yang harus dibalas. Dengan kata-kata tidak cukup untuk membalasnya. Sebab, Bupati Sorong sudah bisa menjawab apa yang selama ini menjadi kegelisahan kami”, begitu ungkapan perasaan Hormes melalui pesan WhatsApp-nya, Minggu (16/08/2020).

Hormes K. Ulimpa

Hormes, menjelaskan, pemuda adat Moi sudah berjuang sekian lama meminta pemerintah mencabut izin PT MMP. Perjuangan itu mulai 2011 sampai dengan 2020.

“Jika dihitung, perjuangan kami sudah sembilam tahun”, urai Hormes.

Di tengah perjuangan 2020, tepat pada hari Jumat 14 Agustus 2020, ada kabar gembira dari kampung halaman kalau Bupati Sorong sudah mencabut Usaha dan Izin Lokasi PT MMP.

“Bupati Sorong sungguh mendengarkan tangisan kami. Pencabutan izin PT MMP merupakan buktinya. Kami sudah legah dan tenang karena tidak ada yang datang ganggu kami lagi”, tandas Hormes.

Tetapi, kata Hormes, perjuangan ini bukan saja berakhir di sini tetapi perjuangan ini akan berlanjut untuk menjaga bumi Malamoi.

“Kita sebagai anak adat dan anak negeri harus mewarisi apinya bukan mewarisi abunya”, tandas Hormes.

Selaku Ketua Ikatan Kalaben, Hormes bersama Keluarga Besar Kalaben Distrik Klaso, Keluarga Besar Distrik Saengkeduk, Keluarga Besar Distrik Mega versi Kabupaten Sorong, Keluarga Besar Distrik Moraid versi Kabupaten Tambrauw, Keluarga Besar Distrik Selemkay versi Kabupaten Sorong, Keluarga Besar Distrik Selembakay versi Kabupaten Tambrauw, Keluarga Besar Distrik Klayili dan Keluarga Besar Distrik Makbon menyampaikan ucapan terimakasih tak terhingga kepada sejumlah pihak baik pribadi maupun kelompok yang telah ikut memperjuangkan penolakan perkebunan kelapa sawit PT MMP.

Sejumlah pihak yang disebutnya, antara lain PD-AMAN Malamoi, PD-AMAN Sorong Raya, LMA-Malamoi, Himpunan Mahasiswa Moi (HIMAMSI), Ikatan Keluarga Besar, Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Kalaben, Yayasan Pusaka Bentala Rakyat, Papua Forest Watch, Belantara Papua-Bengkel Pembelajaran Sesama Rakyat Papua dan PBHKP-Perkumpulan Bantuan Hukum Keadilan dan Perdamaian.

Ada pula Gempar-Sorong Raya, Dewan Pemuda Adat Region Papua, Dewan Aman Nasional Region Papua-Barat, Forum Studi Noken Ilmu, Sagu Bakar, Sanggar Alam Semesta Selemkai (SALSES), Pemuda Klaben, DPP-IWARO dan IKMR-Ikatan Kampung Malaumkarta Raya.

Lainnya adalah Ikatan Pemuda Pelajar Kampung Klaili Raya, Ikatan Pemuda Plajar Dan Mahasiswa Kampung Kawakek Raya dan Dewan Adat Kalaben, Intelektual Moi, Kaban Saluk Moi.

Editor: Cyriakus Kiik
Pewarta: Yoel Finse Ulimpa

Komentar