oleh

Meriahkan HUT RI ke-75, Anak Muda Malaka Adakan Kemah Merah Putih

BETUN, TIMORline.com-Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-75 Tahun 2020, belasan komunitas se-Kabupaten Malaka menyelenggarakan Kemah Merah Putih, berthema: Malaka di Ujung Merah Putih.

Kegiatan kemah berlangsung selama dua hari terhitung 16 Agustus sore hingga 17 Agustus 2020 di Pantai Motadikin Desa Fahiluka Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan kemah ini diisi dengan acara berupa, antara lain:
Malam Renungan, Saling Silang Ide Antarkomunitas dan beberapa kegiatan lain dengan menghadirkan beberapa narasumber.

Salah satu narasumbernya adalah Direktur RSUPP Betun dr. Oktelin K. Kaswadie. Dia hadir membawakan materi: Peluang Usaha di Tengah Pandemi Covid-19. Sedangkan Peran Pemuda dalam Mencegah Penyebaran Covid-19 dibawakan Pemerhati Sosial William Alexander.

Hadir narasumber lainnya Ketua KPU Kabupaten Malaka Makarius Bere Nahak. Dia membawakan materi: Partisipasi Pemuda pada Pilkada Malaka 2020, dan Ketua Bawaslu Malaka Petrus Nahak Manek membawakan materi: Pengawasan Partisipatif Pemuda Pada Pilkada Malaka 2020.

Kegiatan lainnya adalah Perform liveMusik, Musikalisasi Puisi, Fashion Show, Pengibaran Sang Saka Merah Putih dan Pungut Sampah di Pantai Motadikin.

Pisto Bere, Penanggungjawab Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Malaka di sela-sela kesibukannya mempersiapkan acara, Minggu (16/08/2020) sore, menjelaskan, kegiatan Kemah Merah Putih itu dilaksanakan sebagai wujud cinta tanah air generasi muda yang terhimpun dalam berbagai komunitas di Kabupaten Malaka dan menumbuhkan rasa nasionalisme generasi muda yang ada di kawasan Perbatasan RI-RDTL.

Selain itu, kata Pisto, untuk mengembangkan dan menyalurkan bakat aktivis komunitas yang ada di Malaka.

“Kegiatan ini juga untuk mempererat persaudaraan, kekerabatan, kebersamaan, solidaritas dan soliditas antarkomunitas di Kabupaten Malaka sekaligus menjadi agenda tahunan ajang tali asah trampil komunitas pada hari-hari besar lainnya”, demikian Pisto.

Hingga berita ini diturunkan, persiapan sementara berlangsung. Direncanakan, kegiatan ini dimulai pukul 20.00 wita.

Sebab, di lokasi ini pun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka melakukan Renungan Malam 17 Agustus 2020 yang direncanakan dimulai lebih awal.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar