oleh

Kristoforus Rin Duka Dilantik Jadi Anggota DPRD Belu

ATAMBUA, TIMORline.com-Kristoforus Rin Duka dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Belu Pengganti Antar Waktu (PAW) Masa Jabatan 2019-2024 menggantikan Alm. Mauk Martinus.

Pelantikan ini berlangsung dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Belu Masa Jabatan 2019-2024 di Ruang Sidang Utama DPRD Kabupaten Belu, Jumat (07/08/2020).

Rapat Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Belu Jeremias Manek Seran Jr.

Ketua DPRD Kabupaten Belu Jeremias Manek Seran Jr dalam sambutannya mengatakan, Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Belu Pengganti Antar Waktu Periode 2019-2024 ini merupakan bagian dari proses demokrasi yang harus dilalui sesuai mekanisme peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Manek mengharapkan anggota DPRD yang baru dilantik memakai momentum pelantikan ini sebagai amanah untuk mengabdi kepada masyarakat Kabupaten Belu sebagai mitra dan unsur penyelenggara Pemerintah Daerah selama empat tahun ke depan.

Manek menegaskan, kehadiran anggota DPRD sebagai wakil rakyat wajib menempatkan dan menjembatani aspirasi dan kepentingan masyarakat Kabupaten Belu. Sebab, keberadaan anggota DPRD di gedung dewan yang terhormat adalah pilihan rakyat.

“Kepada bapak Kristoforus Rin Duka yang baru dilantik sebagai anggota DPRD kami ucapkan selamat datang dan mari kita ciptakan hubungan yang harmonis, demokratis dalam lembaga terhormat ini serta kemitraan kita dengan Pemerintah dan seluruh komponen masyarakat Rai Belu, dan marilah kita berpolitik secara santun karena sebagai politisi perbedaan pandangan dan sikap politik seluas dan setajam apapun adalah lumrah dan wajar. Namun etika dan norma politik serta semangat persaudaraan di antara kita harus tetap terjaga dengan baik,” imbuh Ketua DPRD Kabupaten Belu.

Bupati Belu Willybrodus Lay, SH mengatakan, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah mengamanatkan bahwa selain Kepala Daerah, DPRD juga merupakan unsur penyelenggara Pemerintah Daerah sehingga DPRD memiliki tanggungjawab yang sama dengan Kepala Daerah untuk mencapai tujuan penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Oleh karena itu, tandas Bupati Willybrodus, relasi kemitraan yang sejati antara DPRD dengan Kepala Daerah merupakan persyaratan mutlak guna menjamin optimalnya penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dalam membuat kebijakan daerah sesuai tugas dan fungsi masing-masing guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Belu yang berkualitas, maju, mandiri, sejahtera, berbudaya dan demokratis.

“Saya yakin dan percaya bahwa saudara Kristoforus Rin Duka yang telah mengucapkan sumpah sebagai Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Kabupaten Belu masa jabatan 2019-2024 adalah orang pilihan rakyat yang diyakini mampu menjembatani aspirasi dan kepentingan masyarakat.

“Pergunakanlah kepercayaan ini sebaik-baiknya dengan jiwa yang tulus dan bertindak secara arif bijaksana dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai Anggota DPRD Belu,” tandas Bupati Belu.

Pengucapan Sumpah/Janji ini ditandai dengan Penyematan Pin DPRD Belu kepada Kristoforus Rin Duka oleh Ketua DPRD Belu.

Selain Bupati Belu Willybrodus, yadir juga Wakil Bupati Belu Drs. J. T. Ose Luan, Perwakilan Anggota DPRD Propinsi NTT, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belu Yohanes Jefry Nahak, para anggota DPRD Kabupaten Belu, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Plus Kabupaten Belu, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Belu, Pimpinan BUMN/BUMD dan Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Partai Politik se-Kabupaten Belu, pimpinan Organisasi Wanita dan Rohaniwan Pendamping.

Editor: Cyriakus Kiik

Komentar