oleh

297 KPM Kelurahan Tenukiik-Belu Terima Bantuan JPS

ATAMBUA, TIMORline.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terus bergerak membantu warga setempat yang terdampak Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 baik secara ekonomi maupun sosial.

Untuk memudahkan penyaluran bantuan tersebut, Pemkab Belu bekerjasama dengan pihak bankNTT Cabang Atambua.

Kali ini, bantuan dengan nama Jaring Pengaman Sosial (JPS) itu diberikan kepada warga Kelurahan Tenukiik Kecamatan Kota Atambua di Aula Kantor Kelurahan Tenukiik, Selasa (21/07/2020).

Sekira 297 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di kelurahan itu antrian dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 menerima bantuan tersebut.

Bupati Belu Willybrodus Lay mengawali kegiatan penyaluran bantuan tersebut dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada lima perwakilan warga. Kelima warga itu adalah Agata Bere Mali, Arnoldus Niron, Eli Candra Yasin, Getrudis Eno dan Kamilus Asa.

Bupati Belu Willybrodus Lay menjelaskan, bantuan JPS yang disalurkan kepada masyarakat Kabupaten Belu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Yang menjadi sasaran kita adalah mereka yang terdampak Covid-19 secara ekonomi”, katanya.

Untuk penyalurannya, Bupati Willy bilang, Pemkab Belu bekerjasama dengan pihak bankNTT Cabang Atambua dan Perum Bulog Subdivre Atambua.

“Bantuan yang diberikan pemerintah ini harus dipergunakaan untuk kebutuhan hidup sehari-hari, bukan untuk keperluan yang tidak penting”, tandas Bupati Willy.

Bupati Willy menginformasikan, jika ada masyarakat yang ingin membangun atau mempunyai usaha sendiri bisa mendatangi bankNTT Cabang Atambua untuk melakukan kredit atau peminjaman uang sebagai modal usaha dan mendatangi Perum Bulog Subdivre Atambua untuk membeli beras, gula atau bahan pokok lainnya dengan harga yang lebih murah.

Khusus para Relawan Covid-19 Kelurahan Tenukiik akan diberikan uang transport tiga bulan sekaligus dalam waktu dekat ini.

Pimpinan bankNTT Cabang Atambua Fridolina M. M. Faturene SE menjelaskan, bantuan JPS yang duterima warga Kelurahan Tenukiik sudah masuk di dalam rekening Tabunganku bankNTT untuk tiga bulan dengan jumlah Rp1,8 juta.

Fridolina mengingatkan, setiap KPM bisa menabung di rekening tersebut karena tanpa biaya administrasi.

bankNTT juga memiliki produk kredit terbaru untuk mengatasi masalah usaha, yakni Kredit Merdeka dengan bunga 0% tanpa jaminan dengan plafon Rp1-5 juta.

Syaratnya, foto copy KTP suami/istri, foto copy KK, Surat Keterangan atau rekomendasi dari Lurah/Kepala Desa yang menyatakan warga bersangkutan mempunyai usaha kecil di rumah.

Sesuai laporan Lurah Tenukiik Maria Filomena Pareira, jumlah penduduk Kelurahan Tenukiik 977 KK dengan 5.215 jiwa. Sebagian besar warga Kelurahan Tenukiik mempunyai pekerjaan tetap seperti PNS, TNI-Polri dan swasta.

Jumlah penerima bantuan terdiri dari selain JPS sebanyak 297 KK, ada pula bantuan PKH 17 KK, Rastra 30 KK dan BST 117 KK.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar