oleh

Pemdes Tunmat Adakan Pelatihan Penguatan Kapasitas BPD Periode 2020-2026

HAENENO, TIMORline.com-Pemerintah Desa (Pemdes) Tunmat Kecamatan Io Kufeu Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan kegiatan Pelatihan Penguatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2020-2026 di Kantor Desa Tunmat, Senin (20/07/2020).

Sebagai narasumber adalah Daniel Mahodim (Koordinator Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/P3MD Kabbupaten Malaka), Yohanes Manek Besin (Tenaga Ahli P3MD) Kabupaten Malaka dan Theodorus Seran Bria (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/PMD Kabupaten Malaka).

Yohanes Manek Besin saat menyampaikan materinya, menjelaskan, fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala desa.

Hal ini tertuang dalam UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, PP No. 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU No. 6 tahun 2014, PP No. 47 Tahun 2015 Tentang Perubahan PP No. 43 tahun 2014, dan Permendagri No. 110 Tahun 2016 Tentang BPD.

Narasumber lainnya, Theodorus Seran Bria membawakan materi tentang hakikat musyawarah desa, siapa peserta musyawarah desa, dan hak dan kewajiban masyarakat dalam musyawarah desa.

Sedangkan Daniel Mahodim membawakan materi tentang teknik penyusunan peraturan desa dan jenis peraturan di Desa.

Peserta pelatihan Patrianus Klau yang juga merupakan Ketua BPD terpilih untuk masa bakti 2020-2026 berterimakasih kepada Pemerintah Desa Tunmat yang sudah menganggarkan dana untuk pelatihan penguatan kapasitas BPD.

“Saya mewakili teman-teman BPD berterimakasih kepada Ibu Desa bersama jajaran karena telah berupaya untuk melaksanakan kegiatan ini, dan melalui pelatihan ini kami sudah tahu persis tugas dan fungsi sebagai BPD”, kata Patris.

Di akhir kegiatan, Kepala Desa Tunmat Yasintha Roman Fatin mengingatkan para peserta agar apa yang sudah diperoleh dalam pelatihan dari para narasumber dapat diterapkan untuk kemajuan di Desa Tunmat tercinta ini.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, yakni memakai masker dan jaga jarak.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar