497 KPM Desa Haitimuk-Malaka Terima Bantuan Covid-19

HAITIMUK, TIMORline.com-Wabah Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 yang mendera dunia berdampak pula bagi masyarakat Desa Haitimuk Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19, pemerintah mengalokasikan dan menyalurkan berbagai jenis bantuan. Antara lain Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dari Kementerian Desa (Kemendes) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Di Desa Haitimuk, sedikitnya terdata 497 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berhak menerima kedua jenis bantuan tersebut.

Dari 497 KPM itu, 106 KPM di antaranya terdata sebagai penerima BLT-DD. Sedangkan 391 KPM lainnya tercatat sebagai penerima BST.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Haitimuk Agustinus Bria mengaku senang karena 497 warganya mendapat BLT-DD dan BST.

Dua bantuan tersebut, menurut Penjabat Kades Agustinus, diterima pada hari yang sama. Besarannya juga sama, yakni masing-masing bantuan Rp600.000,00. Tetapi, penerimanya berbeda. Sebab, bagi KPM yang sudah menerima BLT-DD tidak dibenarkan untuk menerima BST, atau sebaliknya.

“Kita ikut aturan yang ada. Dengan demikian, bantuan pemerintah bisa menjangkau semua warga yang memenuhi syarat”, demikian Penjabat Kades Agustinus.

Agustinus yang diakrabi Bang Gus itu menegaskan, bantuan-bantuan itu diberikan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Karena itulah, saat penyaluran bantuan pun pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Antara lain cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, jaga jarak dan wajib memakai masker.

“Kita pakai aturan Covid-19 ini untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19”, tandas Bang Gus.

Terpantau, warga yang sudah menerima bantuan langsung pulang rumah. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya kerumunan dalam jumlah banyak orang.

Pembagian  bantuan kali ini merupakan pembagian bulan kedua, bulan Mei 2020.

Tampak hadir Kapolsek Weliman Iptu Oscar Pinto, Tenaga Ahli Kabupaten Malaka Maria Yuliana Banda, Sekretaris Desa Stefanus Bria, Bendahara Desa Natalia Nahak, para perangkat desa dan para pendamping desa.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *