Bantuan JPS di Atambua Barat Dibagikan dengan Menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Warga Kelurahan Umanen antrian cuci tangan di halaman depan Kantor Kecamatan Atambua Barat sebelum menerima bantuan JPS Tahun 2020, Jumat (26/06/2020). (Foto: Cyriakus Kiik/timorline.com).

ATAMBUA, TIMORline.com-Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) di Kecamatan Atambua Barat Kabupaten Belu Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan menerapkan protokol kesehatan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Suasana ini terpantau saat Launching JPS Kelurahan Umanen dan Kelurahan Berdao Tahun 2020 di Atambua, ibukota Kabupaten Belu, Jumat (26/06/2020).

Sejak pukul 07.00 wita, warga sudah berbondong-bondong mendatangi kantor kelurahan masing-masing.

Mereka menggunakan kendaraan roda dua baik pribadi maupun sewaan. Bahkan, ada yang berjalan kaki.

Untuk menerima bantuan JPS, mereka membawa serta dokumen kependudukan seperti foto copy kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) plus asli masing-masing dokumen.

Warga Kelurahan Umanen antrian cuci tangan di pintu gerbang kantor tersebut sebelum menerima bantuan JPS Tahun 2020, Jumat (26/06/2020). (Foto: Cyriakus Kiik/timorline.com).

Di Kantor Kelurahan Umanen, misalnya, Raymundus Mau selaku Lurah bersama para relawan Covid-19 melalui pengeras suara meminta warga yang datang menerima bantuan JPS menggunakan masker.

Yang tidak menggunakan masker dipersilahkan pulang rumah untuk ambil masker.

Saat memasuki halaman kantor kelurahan, warga diarahkan para relawan Covid-19 yang berpakaian hitam-putih untuk cuci tangan pada fasilitas cuci tangan yang disiapkan di pintu gerbang.

Selain pakai masker dan cuci tangan, warga juga diminta jaga jarak dan tidak berkerumun. Sebab, saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

Melihat warga calon penerima bantuan yang terus berdatangan dan memadati halaman Kantor Kelurahan Umanen dan untuk menghindari kerumunan banyak orang dan tetap jaga jarak sebagaimana protokol kesehatan Covid-19, atas kesepakatan Camat Atambua Barat Bambang Manek dan Lurah Umanen Raymundus Mau, tempat pembagian bantuan JPS dipindahkan ke Aula Kantor Kecamatan Atambua Barat.

Para calon penerima bantuan JPS Kelurahan Umanen Tahun 2020 duduk antrian dengan tetap jaga jarak dan menggunakan masker di Aula Kantor Kecamatan Atambua Barat, Jumat $26/06/2020). (Foto: Dok Diskominfo Kabupaten Belu).

Sekira pukul 11.30 wita, Bupati Belu Willybrodus Lay tiba di Kantor Kecamatan Atambua Barat.

Sebelum memasuki ruang aula, terlebih dahulu Bupati Willybrodus diarahkan untuk cuci tangan.

Para pengurus wilayah seperti kepala dusun, ketua RT, Ketua RW serta Bagian Protokol dan Publikasi Pimpinan pada Setkab Belu di bawah kendali Debrito Seran terus mengingatkan, bahkan harus ikut mengatur warga untuk tetap jaga jarak saat antrian menerima bantuan.

Bupati Belu Willybrodus di hadapan warga calon penerima bantuan JPS mengingatkan kalau bantuan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Belu Tahun Anggaran 2020 bagi mereka yang terdampak Covid-19.

“Uang yang diterima harus digunakan sesuai kebutuhan dengan sebaik-baiknya”, katanya.

Bagi warga yang belum terdata, Bupati Willybrodus meminta mereka tidak protes. Tetapi, datang dan lapor diri di kantor kecamatan, kelurahan dan dusun untuk didata dan diakomodir dalam bantuan tahap berikut”, demikian Bupati Willybrodus.

Selain di Kelurahan Umanen, bantuan serupa dilaunching di Kelurahan Berdao.

Terdata, sekira 1.096 KK menerima bantuan JPS di dua kelurahan tersebut. Sekira 699 KK di Kelurahan Umanen. Sedangkan 397 KK lainnya di Kelurahan Berdao.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *