Bupati Belu Serahkan BLT-DD 294 KPM Desa Kabuna-Kakuluk Mesak

ATAMBUA, TIMORline.com-Bupati Belu Willybrodus Lay menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) kepada 294 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Kabuna Kecamatan Kakuluk Mesak, Selasa (16/06/2020).

Bupati Willybrodus Lay dalam sambutannya mengingatkan masyarakat Desa Kabuna agar KPM yang belum mendapat bantuan supaya membuat laporan ke pemerintah desa.

Nanti Pemerintah Desa laporkan ke kabuoaten untuk diakomodir diakomodir melalui program Jaring Pengaman Sosial (JPS) sesuai data dari Pemerintah Desa.

Menurut Bupati Willybrodus, bantuan JPS akan dibagikan minggu depan untuk dua bulan. Namun pembagian belum bisa dilakukan minggu ini karena masih terdapat beberapa kendala yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan administrasi yang menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Apabila ada masyarakat yang belum menerima bantuan JPS pun melapor kepada Kepala Desa sehingga nama-nama tersebut diusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Belu untuk memperoleh bantuan”, katanya.

Lebih jauh bupati yang pengusaha ini mengimbau masyarakat setempat untuk memanfaatkan masa pandemi Covid-19 untuk berdiam di rumah saja, tetapi tidak dimaksudkan tidak kerja apa-apa.

Sebaliknya, masyarakat harus menggunakan waktu untuk menanam tanaman horti seperti tomat, lombok dan sayuran di kebun sepanjang aliran sungai sehingga ketahanan pangan tetap terjaga.

“Desa Kabuna itu daerah aliran sungai. Sehingga, dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman hortikuktura”, tandas Bupati Willybrodus.

Dalam penyaluran BLT-DD Pemerintah Desa Kabuna bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Atambua.

Sesuai data Pemerintah Desa Kabuna, selain BLT-DD 294, bantuan lain bagi warga setempat terkait pandemi Covid-19, ada pula Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi 312 KK, PKH 206 KK, Bantuan Sosial Non Tunai 30 KK dan Perluasan Sembako 27 KK. Sedangkan 156 KK belum menerima BLT-DD.

Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *