oleh

YPTI, YPII dan Pemkab Malaka Adakan Pelatihan Kapasitas bagi Persama

BETUN, TIMORline.com-Yayasan Plan Internasionmal Indonesia (YPII) dalam kemitraan dengan Yayasan Pijar Timur Indonesia (YPTI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengurus dan Anggota Organisasi Penyandang Disabilitas Persama Malaka di Hotel Ramayana, Betun-Desa Umanen Lawalu, Senin (15/06/2020).

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Malaka Folgensius Fahik.

Kadinsos Kabupaten Malaka Folgensius Fahik dalam sambutan pembukaannya mendorong para pengurus dan anggota Persama Malaka untuk berkontribusi bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Cukup berbuat sedikit, sedikit saja sudah baik”, katanya.

Folgen, begitu akrabnya, Dinas Sosial yang saat ini dipimpinnya milik semua masyarakat Malaka.

“Dinas Sosial itu milik semua orang Malaka, bukan milik kepala dinas”, tandas Kadis Folgen.

Direktur YPTI Vincentius Kiabeda tampak hadir dan bincang-bincang ringan dengan para peserta.

Menurut Vincentius, selama ini para penyandang disabilitas diabaikan dalam banyak hal. Padahal, mereka mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan warganegara lainnya.

Karena itulah, melalui pelatihan peningkatan kapasitas ini, Persama sebagai organisasi payung resmi penyandang disabilitas di Kabupaten Malaka didorong untuk bersatu dalam memerjuangkan hak-hak mereka dalam segala aspek.

“Cap-cap seperti bengkok eeee, pincang eee, sudah harus dihilangkan. Sebab, semua manusia itu sama haknya”, kata Vincentius.

Serafina Bete, Koordinator Penyandang Tuna Daksa Kristiani (Persani) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) saat bincang-bincang dengan para peserta berharap terus membangun kekompakan di kalangan penyandang disabilitas melalui organisasi Persama.

Sebab, penyandang disabilitas tidak bisa berbuat banyak kalau hanya berjuang sendiri.

“Kita harus berjuang bersama melalui organisasi. Melalui organisasi Persama, kita bersuara. Kita tidak bisa berjuang sendiri”, demikian Fina.

Sebagai peserta dalam kegiatan ini adalah para pengurus dan anggota Persatuan Penyandang Disabilitas Kabupaten Malaka (Persama).

Sekira pukul 07:00 wita, para peserta sudah mulai mendatangi Hotel Ramayana yang menjadi tempat kegiatan.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar