oleh

Wabup Belu Serahkan BLT-DD bagi 242 KK Desa Silawan-Tastim

SILAWAN, TIMORline.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Pemerintah Desa (Pemdes) Silawan Kecamatan Tasifeto Timur (Tastim) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bagi 242 Kepala Keluarga (KK).

Bantuan itu diserahkan Wakil Bupati (Wabup) Belu Drs. J. T. Ose Luan secara simbolis kepada perwakilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kantor Desa Silawan, Kamis (04/06/2020).

Wabup Ose mengharapkan BLT-DD yang telah diberikan dapat dimanfaatkan secara baik untuk pemenuhan kebutuhan di rumah.

“Bantuan ini untuk beli makan dan lain-lain untuk memenuhi kebutuhan di rumah, bukan untuk pesta, bukan untuk minum mabok dan hal lainnya,” tandas Wabup Ose.

Mantan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Belu itu menjelaskan, Kabupaten Belu bersama 101 Kabupaten/Kota lainnya diberikan kesempatan untuk menjalankan New Normal atau kenormalan baru.

“Mulai 15 Juni nanti, Kabupaten Belu bersama 101 Kabupaten/Kota diberi kesempatan untuk berlakukan New Normal. Artinya kita sudah bekerja dengan normal, beraktivitas dengan normal namun tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan,” katanya.

Wabup Belu J.T. Ose Luan (kanan) menyerahkan BLT-DD kepada warga Desa Silawan.

Wabup Ose juga menegaskan, dengan berlakunya New Normal/kenormalan baru maka perlu adanya kesadaran penuh dari masyarakat untuk meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan yakni dengan mencuci tangan, menjaga jarak fisik dan selalu memakai masker saat beraktivitas serta menjaga imun tubuh agar tetap sehat.

Mantan Kepala Kantor Sosial Politik (Kakan Sospol) Kabupaten Belu itu juga mengingatkan masyarakat Desa Silawan yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste agar tidak lengah saat beraktivitas dengan pemberlakuan sistem kenormalan baru atau New Normal.

“Covid-19 ini tidak terlihat, tidak sama seperti air yang kita lihat ataupun tas yang kita bisa pegang, tetapi menyusahkan banyak orang bahkan di dunia. Jangan sampai lengah, tingkatkan kedisiplinan dan kepatuhan menjalankan protokol kesehatan,” tegas Wabup Ose.

Menurut Wabup Ose, jika ada KPM yang belum tersentuh BLT DD, Pemjab Belu telah menyediakan sejumlah anggaran melalui Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang siap mengcover keterbatasan tersebut sesuai dengan jumlah usulan KPM yang dikirimkan oleh Desa, sehingga semua KPM dapat menerima bantuan sosial.

Warga Desa Silawan yang siap menerima BLT-DD di Kantor Desa Silawan.

Kepala Desa Silawan Fernandes Kali melaporkan kalau
jumlah KPM Desa Silawan yang menerima BLT-DD sebanyak 242 KK dari total KPM sebanyak 734 KK.

Saat ini, urai Fernandes, terdapat 108 KK yang belum tercover BLT-DD, sehingga telah diusulkan nam-nama KPM kepada Pemkab Belu untuk difasilitasi melalui JPS.

Demi terciptanya transparansi penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak Covid-19, Pemkab Belu mewajibkan para Lurah dan Kepala Desa untuk menempelkan nama-nama KPM pada papan informasi yang ada di Kantor Lurah dan Desa untuk diketahui dan dicek langsung masyarakat.

Selain itu, untuk melayani laporan serta keluhan masyarakat terkait bantuan sosial akibat Covid-19, Pemkab Belu menyediakan layanan pengaduan dengan Call Canter 082 112 034 821 & 082 247 307 400.

Pastikan seluruh warga yang berhak menerima bantuan sosial, dan apabila ada keluhan silahkan menghubungi call center via SMS/WhatsApp disertakan dengan Nama, No. KTP dan Alamat Lengkap.

Turut hadir Pimpinan Cabang Bank NTT Atambua Fridolina Faturene, Kadis PMD Januaria Nona Alo, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Cristoforus M. Loe Mau, Camat Tasifeto Timur Vinsensius Moruk bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Silawan.

Editor: Cyriakus Kiik

Komentar