Selamatkan Nelayan, Pemprop NTT: Terimakasih Pemprop NTB

KUPANG, TIMORline.com-Pemerintah Propinsi (Pemprop) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemprop Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ucapan terimakasih dan penghargaan itu disampaikan menyusul diselamatkannya seorang nelayan asal Sabu Raijua, Timotius Tina Geta, pada akhir Mei 2020 lalu.

Terima kasih yang sama disampaikan kepada para nelayan di perairan Lombok Timur yang membantu menyelamatkan Timotius Tina Geta.

Demikian Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Propinsi NTT Dr. Jelamu Ardu Marius, MSi kepada pers di Kupang, Rabu (03/06/2020) sore.

Menurut Marius, kejadian yang menimpa nelayan asal Sabu Raijua ini menjadi pembelajaran berharga bagi para nelayan lainnya yang ada di NTT.

Kepala Dinas Sosial Propinsi NTT dr.  Messerassi B.V. Ataupah melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Propinsi NTT Djoese S.M. Nai Buti, SPt, MSi menjelaskan, pada awalnya pihak Dinas Sosial Propinsi NTT mendapatkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Propinsi NTT dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi NTB.

Selanjutnya, melakukan koordinasi dengan teman-teman di Dinas Sosial Propinsi NTB.

“Jadi, mekanismenya kalau ada masyarakat kita yang terdampar atau terlantar maka itu menjadi tugas dan kewenangannya Dinas Sosial,” kata  Nai Buti.

Dia menambahkan, sesuai koordinasi intensif dengan Basarnas Propinsi NTB, ternyata Basarnas Propinsi NTB mempunyai komitmen luar biasa.

Rencana awal untuk  memulangkan Bapak Timotius pada 25 Mei 2020. Tapi ternyata karena kita sedang berada pada pandemi Covid-19 sehingga sarana transportasi tidak tersedia,  ditunda ke 2 Juni 2020.

Menurut Nai Buti, karena masih dalam masa pandemi Covid-19, nelayan asal Sabu Raijua ini dirapid tes sebanyak dua kali.

“Hasilnya negatif. Sehingga, beliau diizinkan untuk berangkat dengan kapal feri menuju Denpasar dan pada Rabu, 03 Juni 2020 pagi yang bersangkutan berangkat dari Denpasar pakai Garuda ke Kupang. Saat tiba di sini, dia diterima Basarnas NTT dan  Basarnas NTT menyerahkannya kepada Pemprop NTT melalui Dinas Sosial Propinsi NTT,” katanya.

Timotius selanjutnya akan diserahkan kepada keluarga yang ada di Kupang. Namun, sebelum diserahkan kepada pihak keluarga, Dinas Sosial Propinsi NTT masih harus memastikan Timotius ini dalam keadaan sehat di hadapan seluruh keluarga yang menerima yang bersangkutan.

Hal yang sama akan terjadi saat Timotius diserahkan Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua melalui Dinas Sosial Kabupaten Sabu Raijua kepada keluarga”, tandas Nai Buti.

Editor: Cyriakus Kiik
Sumber: humas.web.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *