Pemdes Tunabesi-Io Kufeu Alokasikan BLT-DD Rp153,6 Juta bagi 256 KK

BETUN, TIMORline.com-Pemerintah Desa (Pemdes) Tunabesi Kecamatan Io Kufeu Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalokasikan anggaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sekira Rp153.600.000 atau Rp153,6 juta.

Anggaran sebanyak itu diberikan kepada 256 kepala keluarga (KK). Hitungannya, setiap KK mendapat dana BLT-DD sebesar Rp600 ribu sesuai aturan pemerintah.

Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) Tunabesi Ludovikus Asa yang dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (03/06/2020) pagi, menjelaskan, pagu BLT-DD yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah KK penerima.

Sebab, setelah dihitung-hitung, pagu BLT-DD hanya untuk 256 KK. Sedangkan jumlah KK calon penerima sekira 400 KK.

Setelah dikaji secara cermat, dari 400 KK ini masih terdapat pula beberapa pengusaha lokal, pensiunan dan puluhan KK lainnya yang tergolong ekonomi mampu.

“Karena kehidupan ekonomi mereka sedikit lebih baik dari KK yang lain, kita coret nama mereka sebagai calon penerima BLT-DD. Kita utamakan dulu KK yang kehidupan ekonominya tergolong ekonomi lemah sebagai calon penerima BLT-DD”, kata Lodi, begitu akrab Penjabat Kades Ludovikus.

Terakhir, kata Lodi, setelah disaring baik-baik, dari 400 KK yang layak menerima BLT-DD tetapi tidak kebagian dana BLT-DD ada sekira 176 KK.

“KK yang tidak kebagian BLT-DD ini kita usulkan ke Dinas Sosial supaya mereka bisa mendapat bantuan sosial lainnya. Sebab, pagu BLT-DD kita tidak cukup”, kata Lodi.

Menurut Lodi, pagu BLT-DD Tunabesi hanya untuk 256 KK. Sehingga, total anggarannya sebesar Rp153.600.000 atau Rp153,6 juta.

“Minggu lalu kita sudah bagi BLT-DD-nya. Anggarannya terbagi habis untuk 256 KK itu. “, demikian Lodi.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *