oleh

Tiga Polres Patroli Gabungan di Perbatasan Timor Bagian Tengah

BETUN, TIMORline.com-Tiga Polres melakukan patroli gabungan di Perbatasan Timor bagian tengah pada Minggu (20/05/2020).

Ketiga Polres itu adalah Polres Malaka, Belu dan Timor Tengah Utara (TTU).

Patroli gabungan ini diawali dengan apel gabungan di Pos Pol Tahak Desa Tesa Kecamatan Laenmanen Kabupaten Malaka sekira pukul 11.30 wita.

Seusai apel, pasukan gabungan polisi berkekuatan 38 personil melakukan patroli di sepanjang batas wilayah Kabupaten Malaka, Belu dan TTU.

Pasukan Polres Malaka berkekuatan enam personil dipimpin Kapolsek Laenmanen Iptu Benediktus Bau, Polres Belu berkekuatan 15 personil dipimpin Wakil Kapolres Belu Kompol Herman Bessie dan Polres TTU berkekuatan tujuh personil dipimpin Kabag Ops.

Apel gabungan patroli dipimpin Wakil Kapolres Belu Kompol Herman Bessie. Dalam pesan apel itu, Wakil Kapolres Belu Kompol Herman Bessie mengucapkan terimakasih kepada anggota Polri dari ketiga Polres yang melakukan patroli gabungan di Perbatasan Timor bagian tengah ini.

Bagi anggota Polri yang bertugas, Wakil Kapolres Herman berpesan untuk tetap menjaga kesehatan dalam masa pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Selanjutnya, Kompol Herman meminta anggota untuk tak henti-hentinya mengimbau masyarakat menaati Maklumat Kapolri.

Selain itu, masyarakat perlu diingatkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang berlaku dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Kapolsek Laenmanen Iptu Benediktus Bau yang dihubungi melalui akun WhatsApp-nya, Senin (25/05), menjelaskan, patroli gabungan itu dilakukan sebagai upaya bersama dalam mencegah penyebaran Covid-19 di perbatasan.

“Perbatasan dimaksud tidak hanya perbatasan antarnegara tetapi juga perbatasan antarwilayah kabupaten”, kata Iptu Benediktus.

Wilayah hukum Polres Malaka, Belu dan TTU di Perbatasan Timor bagian tengah selain memiliki batas wilayah antarwilayah kabupaten, juga batas antarnegara.

Kabupaten Malaka berbatasan wilayah kabupaten dengan wilayah Kabupaten Belu, TTU dan Timor Tengah Selatan (TTS). Sebaliknya, Kabupaten Belu berbatasan dengan wilayah Kabupaten Malaka dan TTU. Sementara Kabupaten TTU berbatasan dengan Kabupaten Belu dan Malaka.

Dalam batas antarnegara, Kabupaten Malaka berbatasan langsung dengan Distrik Covalima Timor Leste baik darat, laut maupun udara dan berbatasan laut dengan Australia.

Sedangkan Kabupaten Belu berbatasan dengan Distrik Bobonaro Timor Leste. Sementara Kabupaten TTU berbatasan dengan Distrik Ambeno Timor Leste.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar