oleh

14 Negara di Afrika akan Pulangkan 1.400 TKI

-Nusantara-45 views

BETUN, TIMORline.com-Sedikitnya 14 negara di Benua Afrika akan mengembalikan 1.400 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dalam Mei 2020 ini.

Hal itu diungkapkan Kapolres Malaka AKBP Albertus Neno saat evaluasi pemantauan Posko Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di kediaman Bupati Malaka Haitimuk Desa Haitimuk Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (23/05/2020) malam.

Menurut Kapolres Albert, informasi pemulangan itu diperolehnya dari Mabes Polri sesuai surat yang dikirim kepala negara ke-14 negara itu ke Kedutaan Besar masing-masing negara di Indonesia.

Mengutip surat negara-negara itu, Kapolres Albert mengatakan, 1.400 TKI itu dipulangkan ke Indonesia karena mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari tempat mereka bekerja.

Dari 1.400 TKI itu, kata Kapolres Albert, belum tahu berapa banyak TKI asal NTT.

“TKI yang dari NTT ini pasti ada yang berasal dari Kabupaten Malaka. Tetapi, kita belum tahu berapa jumlahnya. Kita harus antisipasi kedatangan mereka. Sebab, mereka berasal dari negara yang berbeda dengan kondisi pandemi Covid-19 yang berbeda pula”, kata Kapolres Albert sambil meminta Bupati Malaka Stefanus Bria Seran dan Dandim 1605/Belu Letkol Inf Ari Dwi Nugroho bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir meminta solusi.

Bupati Malaka Stefanus Bria Seran mengatakan, bagi TKI asal Malaka yang datang dari 14 negara di kawasan Afrika setiba di Malaka tetap diberlakukan protokoler kesehatan Covid-19.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar