Di Malaka, Sejumlah Desa Digenangi Air Hujan

BETUN, TIMORline.com-Sejumlah desa di Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) digenangi air hujan, Jumat (22/05/2020).

Kondisi ini menyusul hujan lebat yang mengguyur wilayah yang berbatasan langsung dengan wilayah Timor Leste itu sepekan terakhir.

Di Kecamatan Malaka Barat, wilayah desa yang digenangi air adalah Desa Rabasa, Rabasa Haerain, Desa Fafoe, Desa Sikun, Desa Oanmane dan Desa Motaain.

Kondisi serupa terlihat di Desa Halibasar dan Desa Badarai di Kecamatan Wewiku.

Di kecamatan lainnya, air hujan menggenangi wilayah-wilayah Desa Fahiluka, Naimana, Kamanasa dan Wehali. Semuanya di Kecamatan Malaka Tengah.

Di Desa Wehali, sepanjang ruas jalan perempatan Kantor Kecamatan Malaka Tengah hingga Tubaki yang pada umumnya tempat pembelanjaan warga, air hujan menggenangi jalanan menyerupai banjir.

Pelintas berkendaraan roda dua tidak bisa lewat. Sedangkan kendaraan roda empat dan enam yang lewat bisa dihitung dengan jari. Ketinggian air diperkirakan mencapai 40 centimeter.

Marta, seorang karyawati toko perhiasan, mengaku posisi toko milik majikannya yang landai mudah dimasuki air. Sehingga, toko itu digenangi air.

Camat Malaka Barat Efraim Bria Seran sekira pukul 09.00 wita turun ke kampung-kampung untuk memantau langsung kondisi genangan air hujan di sana.

Dari pantauan itu, Camat Efraim menemukan adanya genangan air di perkampungan warga setinggi 30-50 centimeter. Di jalanan, air setinggi 10 centimeter.

Tahu hujan lebat mengguyur wilayahnya sepekan terakhir, Bupati Malaka Stefanus Bria Seran sejak pagi pukul 10.30 wita melakukan pemantauan di perbatasan Kecamatan Malaka Barat dan Kecamatan Wewiku, tepatnya di tanggul Motadelek.

Dalam pemantauan itu, ditemukan ada dua titik tanggul yang jebol. Satu titik di Desa Halibasar Kecamtan Wewiku dan satu titik lainnya di Desa Rabasa Kecamatan Malaka Barat.

Saat pemantauan Bupati Stefanus, beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ikutserta.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *